Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram dan Facebook "Down", Elon Musk Nyinyir Pakai Meme

Kompas.com - 06/03/2024, 09:58 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Sejumlah layanan Meta seperti Facebook dan Instagram dilaporkan tumbang (down) di seluruh dunia tadi malam. Kejadian ini rupanya "dimanfaatkan" Elon Musk, pemilik X (dulu Twitter) untuk nyinyir alias melempar sindirian lewat meme.

Ia mengunggah gambar meme yang menampilkan sejumlah penguin dari film "Penguins of Madagascar". Ada empat karakter penguin dalam meme itu, yaitu Skipper, Kowalski, Rico dan Private.

Tiga di antaranya mengangkat tangan kanan berpose hormat pada satu penguin lain. Penguin yang dihormati yaitu Skipper, karakter dalam "Penguins of Madagascar" yang memimpin grup penguin dalam film itu.

Tiga penguin dengan pose hormat alias Kowalski Rico, dan Private dilabeli sebagai beberapa media sosial Meta, yaitu Instagram, Facebook dan Threads. Adapun Skipper dilabeli sebagai X. Pelabelannya ditandai dengan simbol masing-masing aplikasi di setiap penguin.

Baca juga: Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia Tadi Malam, Ini Kata Meta

Sederhananya meme itu seolah bermakna bahwa X adalah pimpinan dari Instagram, Facebook dan Threads yang patut dihormati.

Musk juga secara gamblang mencantumkan postingan juru bicara Meta, Andy Store di X dalam meme itu. Ini menegaskan bahwa meme tersebut ditujukan untuk membalas postingan Stone soal Instagram dan Facebook down.

"Kami mengerti orang-orang kesusahan mengakses layanan-layanan kami. Kami sedang mengatasinya," tulis Andy ketika layanan Meta tumbang. Postingan inilah yang dicatutkan di meme yang diunggah Elon Musk.

Tangkapan layar postingan Andy Store di X itu seolah-olah menyindir, bahwa Meta membutuhkan X di kala platform mereka tumbang.

Tidak cuma itu, Musk juga mengunggah posting sindiran lain. Sama seperti meme, posting tersebut juga diunggah Musk ketika Instagram adn Facebook down, meski tanpa menyebut layanannya secara gamblang.

"Apabila Anda membaca posting ini, itu karena server kami bekerja," tulis Musk.

Karena masalah teknis

Tumbangnya sejumlah media sosial Meta termasuk Facebook dan Instagram terjadi di seluruh dunia pada Selasa (5/3/2024) malam. Kedua layanan itu juga tidak bisa diakses pengguna di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB malam.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Beranda

Menurut Meta, tumbangnya Instagram dan Facebook disebabkan oleh masalah teknis. Kendati demikian, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini berhasil memulihkan layanan beberapa jam setelahnya.

"Masalah teknis tersebut membuat pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan kami mohon maaf atas atas ketidaknyamanan ini," kata juru bicara Meta, Andy Stone lewat postingan di X (dahulu Twitter) dengan handle akun @andymstone.

Sayangnya perwakilan Meta itu tidak merinci masalah teknis yang membuat Facebook hingga Instagram down.

Selain Facebook dan Instagram, media sosial Meta lainnya yang tumbang yaitu Threads dan Messenger. Kedua aplikasi ini juga tumbang di waktu bersamaan dengan Facebook dan Instagram.

Menurut situs Downdetector, laporan tumbangnya aneka layanan Meta itu muncul sekitar pukul 22.00 WIB. Laporan tertinggi tercatat pada pukul 22.33, di mana 4.785 pengguna melaporkan Instagram down dan 8.186 pengguna melaporkan pemadaman Facebook.

Pantauan KompasTekno, sejumlah layanan milik Meta itu kini berjalan normal dan bisa diakses oleh pengguna lagi. Situs Downdetector juga menunjukkan bahwa laporan tumbangnya Instagram dan Facebook menyusut sekitar pukul 00.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com