Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Circle to Search di Samsung Galaxy S24, "Googling" Cepat Tanpa Perlu Buka Browser

Kompas.com - 06/03/2024, 15:03 WIB
Soffya Ranti,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Circle to Search adalah salah satu fitur di Samsung S24 Galaxy Series yang cukup menarik. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penelusuran atau “googling” di smartphone dengan lebih instan dan mudah.

Circle to Search memudahkan pengguna mencari suatu objek saat pengguna tidak tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya.

Misalnya saja pengguna menemukan ornamen tertentu tapi tidak tahu namanya. Maka pengguna Samsung S24 series cukup mengarahkan kamera dan melingkari objek yang ingin dicari. Selanjutnya fitur ini otomatis menghasilkan hasil sesuai objek yang dicari.

KompasTekno pun berkesempatan menjajal fitur Circle to Search Samsung Galaxy S24 Ultra dalam workshop bertema “Epic Just Like That Trip with Galaxy S24 Series” di Ubud, Bali 4-6 Maret 2024.

Baca juga: Fitur-fitur Galaxy AI di Samsung S24 yang Wajib Dicoba

Pengalaman mencoba Circle to Search Samsung Galaxy Samsung S24 Ultra

Salah satu percobaan kami menggunakan Circle to Search pada ornamen adat Bali di pinggiran jalan. Tim KompasTekno pun mengarahkan kamera pada ornamen tersebut dan ingin tahu nama ornamen khas adat Bali tersebut.

Selanjutnya tim KompasTekno pun mencoba “googling” dengan mengarahkan kamera pada ornamen adat Bali, dan menelusurinya dengan melingkari tepat pada gambar tersebut. Circle to Search Samsung Galaxy S24 Ultra pun otomatis mengarahkan pada hasil pencarian dan menampilkan berbagai situs yang membahas ornamen tersebut.

Ornamen tersebut bernama Penjor, salah satu ornamen dekoratif di Bali yang terbuat dari tiang panjang dan dihiasi berbagai hiasan seperti daun kelapa, bunga, dan anyaman bambu. Penjor biasanya dipasang pada acara-acara penting dan perayaan keagamaan, seperti Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Cara kerjanya mirip Google Lens, namun Circle to Search memudahkan pengguna langsung mencari objek tertentu tanpa harus memotret atau melakukan screeenshot dan memotong pada objek tertentu dalam frame kamera.

Sehingga hal ini tentu memudahkan pengguna lebih cepat dan praktis mencari berbagai objek yang diinginkan tanpa harus membuka aplikasi peramban terlebih dahulu.

Selengkapnya berikut ini tutorial menggunakan fitur AI Circle to Search dari Samsung Galaxy S24 Ultra.

Baca juga: Update Samsung Galaxy S24 Siap Disebar, Ketajaman Warna Layar Bisa Diatur

Cara pakai Circle to Search Samsung Galaxy S24 Ultra 

Ilustrasi Circle to Search Samsung Galaxy S24 UltraKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Circle to Search Samsung Galaxy S24 Ultra

  • Buka menu kamera
  • Arahkan kamera pada objek tertentu
  • Selanjutnya tap bagian menu bar tengah, kemudian tunggu hingga muncul mode Galaxy
  • Kemudian lingkari objek tersebut, nantinya Cirlce to Search akan menampilkan hasil pencarian secara otomatis

Bagi sebagian pengguna yang terbiasa ingin mengugling lebih cepat untuk kebutuhan pekerjaan, fitur Circle to Search Samsung Galaxy S24 sangat membantu meningkatkan produktivitas.

Baca juga: Edit Foto di Galaxy AI Samsung S24 series Diproses Online, Amankah?

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com