Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma 14.4 Dirilis, Bawa Deretan Emoji Baru Serupa di iOS 14.4

Kompas.com - 08/03/2024, 16:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi merilis sistem operasi MacOS Sonoma 14.4 pada Jumat (8/3/2024).

Sistem operasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di komputer Mac yang didukung. Pengguna bisa melakukan pembaruan dengan menuju menu "System Settings" > "General" > "Software Update".

Berbeda dari MacOS Sonoma 14.3 keluaran Januari 2024 yang memperkenalkan playlist kolaboratif di Apple Music dan perbaikan isu keamanan, MacOS Sonoma 14.4 menghadirkan pembaruan untuk emoji, Podcasts, Messages for Business, sambil memperbaiki isu keamanan yang ada.

Soal emoji, MacOS Sonoma teranyar ini membawa emoji yang sebelumnya sudah hadir di iPhone lewat iOS 17.4.

Emoji itu terbagi menjadi emoji menggelengkan kepala ke atas ke bawah (head shaking vertically) dan ke kanan kiri (head shaking horizontally), burung phoenix, jeruk nipis (lime), rantai (broken chain), jamur (brown mushroom) serta berbagai emoji potret keluarga.

Baca juga: Google Chrome di Windows dan Mac Dapat Suntikan AI

Emoji baru di MacOS Sonoma 14.4MacRumors Emoji baru di MacOS Sonoma 14.4
Tak hanya itu, ada sebanyak 18 emoji manusia dan tubuh yang menghadap ke arah berlawanan. Jadi, emoji seperti seorang perempuan berjalan atau berlari ke arah kiri, kini juga memiliki versi berjalan atau berlari ke arah kanan.

Untuk aplikasi Apple Podcasts, kini setiap episode podcast bakal memiliki transkrip secara otomatis. Pengguna tidak usah mendengar keseluruhan episode podcast untuk mencari poin tertentu, cukup baca teks dan cari bagian yang diinginkan dengan kata kunci.

Episode podcast juga bisa diputar dari bagian teks yang diinginkan. Pengguna dapat menggunakan fitur aksesibilitas seperti Text Size, Increase Contrast, dan VoiceOver.

Fitur ini juga hadir di iOS 17.4, dan hanya bisa melakukan transkripsi secara otomatis apabila produser podcast itu mengizinkannya. Mereka harus menyetujui syarat dan ketentuan baru terkait transkripsi audio itu.

ilustrasi fitur transkrip Podcast. Fitur ini hadir di MacOS Sonoma 14.4 dan iOS 17.4Apple ilustrasi fitur transkrip Podcast. Fitur ini hadir di MacOS Sonoma 14.4 dan iOS 17.4
Pembaruan berikutnya yaitu untuk Apple Messages for Business, yakni layanan yang memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan langsung ke pelanggannya lewat aplikasi Messages.

Nah, fitur bernama Business Updates ini akan memberikan konsumen pemberitahuan terkait suatu bisnis, misalnya status pemesanan, notifikasi penerbangan, peringatan penipuan, atau transaksi lainnya dari bisnis yang dipercaya.

Sederet pembaruan ini skalanya bisa dibilang kecil, tetapi berguna bagi pengguna yang membutuhkannya. Perubahan kecil lainnya, bar Favorites di mesin peramban (browser) Safari bisa diatur agar hanya menunjukkan ikon untuk situs.

Ini berbeda dari Favorites sebelumnya yang menunjukkan ikon dan teks dari sebuah situs, misalnya judul dari situs tersebut atau teks yang sedang dicari di mesin pencari, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MacRumors, Jumat (8/3/2024).

Baca juga: Fitur Baru MacOS Sonoma, Akses Website Layaknya Buka Aplikasi

Terakhir, MacOS Sonoma 14.4 juga membawa dukungan untuk model Apple MacBook Air M3 teranyar. MacBook tersebut dan Mac terbaru lainnya kini bakal menjalankan macOS Sonoma 14.4 secara out-of-the-box alias dari pabrik.

Isu keamanan yang diperbaiki mencakup pencabutan izin penggunaan perintah "launchctl kickstart -k" untuk proses sistem penting. Apabila suatu proses harus dihentikan secara paksa, disarankan untuk menggunakan perintah "kill" sebagai gantinya.

Selain MacOS Sonoma 14.4, Apple juga merilis MacOS 13.6.5 untuk pengguna yang masih menjalankan MacOS Ventura. Terdapat juga MacOS 12.7.4 bagi pengguna yang masih mengandalkan MacOS Monterey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com