Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Ucapan Menyambut Ramadhan 2024 dengan AI, Mudah

Kompas.com - 09/03/2024, 13:22 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com = Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan 2024 (kata baku: Ramadan) akan segera tiba. Sama seperti Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, di Ramadhan 2024 atau Ramadhan 1445 H, umat muslim akan melangsungkan ibadah puasa.

Untuk menyambut bulan suci ini, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengirim berbagai ucapan, seperti ucapan menyambut Ramadhan, ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan, atau ucapan “Marhaban Ya Ramadan”.

Baca juga: 5 Aplikasi Niat Puasa dan Kumpulan Doa Sehari-hari Saat Ramadhan

Ucapan tersebut biasanya akan dibagikan ke keluarga, saudara, teman, rekan kerja, dan orang-orang terdekat lainnya. Namun, sebelum bisa dibagikan, pengguna tentu perlu merangkai dulu ucapan menyambut Ramadhan 2024.

Merangkai ucapan Marhaban Ya Ramadan 1445 H bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya, pengguna perlu merangkai kata dengan tepat untuk menyampaikan pesan perayaan yang indah dan baik.

Akan tetapi, jika merasa kesulitan merangkai ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2024, pengguna tak perlu khawatir. Untuk membuat ucapan selamat menunaikan ibadah puasa 2024, pengguna bisa memanfaatkan AI (Artificial Intelligence).

Ada banyak platform AI yang bisa dipakai untuk merangkai ucapan Marhaban Ya Ramadan 1445 H. Salah satunya yang cukup populer saat ini adalah ChatGPT. Pengguna bisa meminta ChatGPT untuk membuat ucapan itu.

Lantas, bagaimana cara membuat ucapan menyambut Ramadhan 2024 dengan ChatGPT? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2024 via AI ChatGPT.

Cara membuat ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2024 via ChatGPT

Cara membuat ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2024 ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan perintah atau prompt pada ChatGPT dengan kalimat tertentu untuk memintanya membuat ucapan sesuai keinginan.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai langkah-langkah menyusun ucapan selamat menunaikan ibadah puasa via ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah untuk membuat ucapan menyambut Ramadhan 2024.
  • Kirim prompt tersebut ke ChatGPT.
  • Selanjutnya, ChatGPT bakal menyajikan ucapan menyambut Ramadhan 2024 sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
  • Jika hasilnya dirasa kurang sesuai, pengguna bisa klik opsi “Regenerate” dan ChatGPT bakal menyajikan variasi lain dari tanggapan sebelumnya.

Ilustrasi cara membuat ucapan menyambut Ramadhan 2024 via AI ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat ucapan menyambut Ramadhan 2024 via AI ChatGPT.

Cukup mudah bukan cara membuat ucapan Marhaban Ya Ramadhan 1445 H dengan ChatGPT? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Adapun beberapa contoh prompt ChatGPT untuk membuat ucapan Marhaban Ya Ramadan 2024 adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membuat Gambar AI dari Teks di Google Bard, Mirip Bing Image Creator

Contoh prompt ChatGPT untuk membuat ucapan Marhaban Ya Ramadhan 1445 H

  • Buatkan ucapan Marhaban Ya Ramadhan yang ditujukan untuk saudara. Buat ucapan dengan kalimat yang hangat. Sertakan kalimat harapan untuk menyambut bulan suci ini dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa.
  • Tolong buatkan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa yang ditujukan untuk teman dan sahabat. Buat ucapan dengan nada yang ramah dan bersahabat, sertakan harapan dan kata “Marhaban Ya Ramadhan”.
  • Buatkan ucapan menyambut Ramadhan yang ditujukan untuk rekan kerja. Ucapan tersebut kalimat permohonan maaf dan harapan dalam menyambut bulan suci.

Itulah beberapa contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk menyusun ucapan selamat menunaikan ibadah puasa 2024.

Perlu diketahui, prompt di atas hanyalah contoh. Pengguna tidak harus mengikuti sama persis dengan prompt di atas untuk membuat ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2024.

Pengguna bisa membuat sendiri teks perintahnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat ucapan menyambut Ramadhan 2024 melalui AI ChatGPT dengan mudah.

Penting diingat, hasil yang diberikan ChatGPT sebaiknya tidak dipakai secara langsung. Pengguna bisa meninjau kembali pesan yang disusunkan ChatGPT. Kemudian, pengguna dapat menyesuaikan isinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 5 Aplikasi Resep Makanan buat Sahur dan Buka Puasa

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com