Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Rilis Snapdragon 7 Plus Gen 3, Bawa AI "On-Device" di HP Menengah

Kompas.com - 22/03/2024, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel-ponsel kelas menengah bakal punya kemampuan AI on-device. Pasalnya, pabrikan chip Qualcomm baru saja merilis System-on-Chip (SoC) Snapdragon 7 Plus Gen 3 pekan ini.

Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets Qualcomm Technologies, Chris Patrick mengatakan SoC tersebut hadir dengan beragam fitur serba pertama di keluarga Snapdragon 7 Series.

Salah satunya adalah dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif (Generative) dalam perangkat (on-device).

Sebelumnya, fitur ini hanya hadir di chipset kelas atas (flagship) Qualcomm saja, seperti Snapdragon 8 Gen 3 hingga Snapdragon 8s Gen 3.

Baca juga: Snapdragon 8s Gen 3 Bawa Tiga Fitur AI Qualcomm Ini ke Ponsel

AI generatif merupakan algoritma deep-learning yang bisa membuat atau memanipulasi konten seperti teks, gambar, musik, audio, dan video. Disebut on-device karena pemrosesan AI dilakukan dalam perangkat tanpa bergantung pada server atau cloud.

Lebih lanjut, on-device Generative AI di Snapdragon 7 Plus Gen 3 mendukung banyak model bahasa besar (large language model/LLM) yang bervariasi, mencakup Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM.

"Snapdragon 7 Plus Gen 3 dilengkapi dengan dukungan terhadap fitur-fitur on-device generative AI yang mumpuni, performa gahar, efisiensi daya yang optimal, serta ketersediaan Wi-Fi 7 untuk pertama kalinya di Snapdragon 7 Series,” jelas Chris dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (22/3/2024).

Fitur-fitur unggulan di Snapdragon 7 Plus Gen 3.Qualcomm Fitur-fitur unggulan di Snapdragon 7 Plus Gen 3.

Selain on-device Generative AI, Snapdragon 7 Plus Gen 3 juga hadir dengan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Dua di antaranya adalah Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 untuk mempercantik kualitas visual dari sebuah game.

Pada aspek fotografi, SoC ini mendukung 18-bit Triple Cognitive ISP, Semantic Segmentation, serta Snapdragon Low Light Vision (LLV) untuk meningkatkan kecerahan dan ketajaman dari suatu foto.

Baca juga: Adu Spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3 dan Snapdragon 8 Gen 3, Ini Bedanya

Ada pula dukungan fitur hiburan seperti Spatial Audio dan LE Audio yang memungkinkan ponsel menghasilkan output suara yang enak dan nyaman didengar, hingga HDR10 Plus untuk tampilan video yang berwarna.

Sejumlah fitur lain yang ada di chipset ini mencakup Qualcomm FastConnect 7800 untuk mendukung WiFi 7, Snapdragon X63 5G untuk mendukung jaringan 5G, dukungan kamera hingga 200 MP, layar dengan resolusi hingga 4K dan refresh rate hingga 240 Hz, dan masih banyak lagi.

Secara teknis, Snapdragon 7 Plus Gen 3 memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa core) dengan kecepatan maksimal 2,8 GHz, serta pengolah grafis (GPU) Adreno terbaru yang mendukung fitur Snapdragon Game Super Resolution.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Qualcomm mengeklaim SoC tersebut memiliki 45 persen peningkatan di aspek GPU, 15 persen di CPU, dan 5 persen di segi efisiensi daya.

Rencananya, Snapdragon 7 Plus Gen 3 akan mentenagai sejumlah ponsel baru dari beberapa vendor, seperti OnePlus, Realme, hingga Sharp dalam beberapa bulan ke depan. Belum bisa dipastikan apa model ponsel anyar yang akan menggunakan chipset tersebut. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com