Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redmi Note 13 Turbo Bakal Ditenagai Chipset Snapdragon 8s Gen 3?

Kompas.com - 21/03/2024, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sub-merek Xiaomi, Redmi mengonfirmasi akan meluncurkan smartphone baru yang ditenagai chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3. Chipset ini terbilang spesial karena diposisikan sebagai "adik" dari chipset HP flagship Snapdragon 8 Gen 3.

Kabar tersebut disampaikan Redmi lewat sebuah poster yang diunggah lewat jejaring sosial Weibo.

Dalam poster, terdapat gambar ilustrasi chipset Snapdragon 8s Gen 3, dengan keterangan yang diterjemahkan "Sebuah terobosan langka, seri baru Snapdragon 8 mendarat di HP kelas menengah Redmi untuk pertama kalinya".

Redmi tak mengungkap model HP apa yang akan ditenagai chipset baru itu. Namun, menurut rumor yang beredar di internet, ponsel itu diyakini merupakan Redmi Note 13 Turbo.

Redmi Note 13 Turbo ini masuk dalam keluarga Redmi Note 13 series yang sudah dirilis di pasaran.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 8s Gen 3, Chipset AI Generatif On-Device untuk HP Flagship Murah

Ada tujuh model yang ditelurkan, yakni Redmi Note 13 4G, Note 13 5G, Note 13 Pro 4G, Note 13 Pro 5G, Redmi Note 13 Pro+ 5G, Redmi Note 13R, dan Redmi Note 13R Pro. Beberapa model sudah dirilis global dan tersedia di Indonesia.

Bila melihat riwayat tahun lalu, Redmi turut merilis model Redmi Note 12 Turbo dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 2 pada Maret 2023.

Rumor awal menyebut, sebagai suksesor, Redmi Note 13 Turbo bakal hadir dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 3. Namun, rumor terbaru menyebut Redmi Note 13 Turbo akan hadir dengan Snapdragon 8s Gen 3.

Tahun lalu, Redmi Note 12 Turbo hanya dirilis untuk pasar China. Ponsel ini kemudian di-rebrand menjadi Poco F5 dan dipasarkan secara global pada Mei 2023. Perlakuan yang sama tampaknya juga akan diterima Redmi Note 13 Turbo.

Laporan menyebut, Redmi Note 13 Turbo akan tetap eksklusif untuk pasar China. Sementara pasar global konon akan kebagian versi rebrand dari Redmi Note 13 Turbo, dalam bentuk Poco F6. Kemungkinan Poco F6 akan debut secara global pada bulan April atau Mei mendatang.

Bocoran spesifikasi lainnya, Redmi Note 13 Turbo alias Poco F6 konon akan dibekali layar 6,78 inci, resolusi 1,5K, kamera 200 MP, sistem operasi Android 14, antarmuka HyperOS, baterai 6.000 mAh, hingga dukungan fast charging 80 watt, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13 4G, Note 13 5G, Note 13 Pro 4G, dan Note 13 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Spesifikasi chipset Snapdragon 8s Gen 3

ilustrasi Snapdragon 8s Gen 3Qualcomm ilustrasi Snapdragon 8s Gen 3
Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 ini ini sejatinya diposisikan sebagai "adik" dari Snapdragon 8 Gen 3 sehingga sejumlah spesifikasinya diturunkan, tetapi harganya menjadi lebih terjangkau.

Snapdragon 8s Gen 3 membawa hampir semua fitur dari Snapdragon 8 Gen 3, termasuk dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam perangkat (on-device).

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 sendiri memiliki kemampuannya untuk membuat gambar baru dan memperlebar latar belakang foto yang dimiliki. Tak hanya itu, chipset ini juga mendukung asisten virtual AI untuk membantu berbagai aktivitas pengguna.

Chipset terbaru Snapdragon ini mendukung model bahasa besar (large language model/LLM) populer seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano, dengan dukungan hingga 10 miliar parameter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com