Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Nord CE 4 Meluncur dengan Snapdragon 7 Gen 3

Kompas.com - 02/04/2024, 12:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, OnePlus, meresmikan ponsel anyarnya dari lini seri Nord CE, yakni Nord CE 4 pada Senin (1/4/2024). 

Suksesor dari Nord CE 3 ini membawa sejumlah peningkatan, mulai dari aspek kamera dengan sensor yang lebih besar, chipset yang lebih kencang, serta baterai yang lebih besar dari pendahulunya.

OnePlus Nord CE 4 membawa kamera utama dengan sensor IMX890 1/1,56 inci. Ukuran sensornya lebih besar dibanding pendahulunya yang memiliki kamera utama 64MP 1/1,97 inci.

Baterai OnePlus Nord CE 4 juga tercatat sedikit meningkat menjadi 5.500 mAh, dibanding OnePlus Nord CE 3 yang dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Smartphone baru OnePlus ini ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 7 Gen 3 (4 nm), berbeda dari pendahulunya yang ditenagai chip Snapdragon 782G (6 nm).

Meski beberapa spesifikasi kuncinya berbeda, desain OnePlus Nord CE 4 cukup mirip dengan pendahulunya.

Baca juga: OnePlus Ace 3V Resmi, HP Snapdragon 7+ Gen 3 Pertama

Keduanya sama-sama tampil dengan layar AMOLED disertai punch hole kecil. Yang berbeda adalah model modul kamera masing-masing ponsel, mengingat jumlah kamera keduanya juga dibuat berbeda.

Spesifikasi OnePlus Nord CE 4

OnePlus Nord CE 4 didesain dengan layar AMOLED 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, serta kecerahan puncak 1.100 nits.

Seperti disinggung di atas, OnePlus Nord CE 4 ditenagai chip Snapdragon 7 Gen 3. Bila dibandingkan dengan chip Nord CE 3, Snapdragon 7 Gen 3 menawarkan GPU yang lebih baik karena kinerjanya yang naik nyaris dua kali lipat.

Chip ini juga lebih efisien karena dirancang dengan fabrikasi 4 nm, lebih kecil dibanding Snapdragon 782G (6 nm).

SoC ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan dua pilihan kapasitas penyimpanan (storage) 128 GB atau 256 GB. Kapasitas storage-nya juga bisa diperluas lewat kartu microSD dengan dukungan sampai 1 TB.

Pada aspek kamera, smartphone ini membawa dua kamera belakang. Kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor IMX890 1/1,56 inci disertai fitur stabilisasi gambar OIS dan EIS, serta kamera ultrawide 8 MP. Smartphone ini juga dibekali kamera depan 16 MP.

OnePlus Nord CE 4OnePlus OnePlus Nord CE 4

OnePlus Nord CE 4 juga dibekali baterai 5.500 mAh. Pengisian ulangnya didukung fast charging SuperVooc 100 watt. Dukungan ini diklaim bisa mengisi daya ponsel dari 0 persen sampai penuh hanya dalam waktu pengisian 29 menit.

OnePlus menyertakan fitur Battery Health Engine yang akan memperpanjang masa pakai baterai ponsel sampai empat tahun siklus pengisian daya.

Baca juga: Smartphone OnePlus 12R Edisi Genshin Impact Meluncur, Terinspirasi Karakter Keqing

OnePlus Nord CE 4 diklaim tahan dari kejatuhan 1,5 cm di atas marmer karena dibekali bantalan internal. Ponsel ini juga tahan dari air dan debu dengan sertifikasi IP-rating, IP54.

OnePlus Nord CE 4 berjalan dengan sistem operasi Android 14 dan dilapisi antarmuka OxygenOS 14.

Harga OnePlus Nord CE 4

OnePlus Nord CE 4 dirilis di India dalam dua opsi warna, yaitu Dark Chrome dan Celadon Marble. Harga ponsel ini adalah sebagai berikut.

  • OnePlus Nord CE 4 8/128 GB - 25.000 rupe (sekitar Rp 4,7 juta)
  • OnePlus Nord CE 4 8/128 GB - 27.000 rupe (sekitar Rp 5,1 juta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com