Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Resmikan Lunar Lake, Arsitektur Prosesor dengan AI untuk Laptop

Kompas.com - 05/06/2024, 17:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Intel akhirnya memperkenalkan arsitektur prosesor laptop baru yang digadang-gadang bakal menghadirkan kinerja olah AI mumpuni. Arsitektur bernama Lunar Lake tersebut diumumkan dalam gelaran Computex 2024 di Taipei, Taiwan, pekan ini.

Lunar Lake adalah penerus dari arsitektur Meteor Lake (Intel Core Ultra) sebelumnya, dengan penekanan di kinerja pengolahan tugas-tugas berbasis kecerdasan buatan (AI) yang jauh meningkat.

Unit pengolah AI (NPU, Neural Processing Unit) di Lunar Lake tiga kali lebih banyak dari Meteor Lake sebelumnya, dengan bandwith memori yang berlipat dua. Clock speed turut ditingkatkan dari 1,4 Ghz menjadi 1,95 GHz.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Laptop Surface Copilot Plus PC Pertama dengan Chip Snapdragon X Series

Walhasil, kinerja NPU Lunar Lake pun diklaim mencapai 48 TOPS (trillions of operations per second) sehingga dengan mudah memenuhi persyaratan PC Copilot+ dari Microsoft yang menetapkan angka minimal 40 TOPS.

Jika pengolahan AI turut melibatkan unit pengolah grafis (GPU) dan prosesor utama (CPU) Lunar Lake yang masing-masing menyumbang 67 TOPS dan 5 TOPS, maka kinerja AI Lunar Lake bisa mencapai 120 TOPS.

Serba lebih kencang

Selain NPU, Intel turut mendongkrak kecepatan GPU dan CPU di Lunar Lake. Pengolah grafisnya kini menggunakan arsitektur GPU Xe2 yang juga baru. Arsitektur Xe2 juga bakal digunakan di calon seri GPU discreet Battlemage dari Intel yang akan datang.

Dengan 8 core Xe generasi kedua, 8 unit ray-tracing, 64 vector engine, 2 geometry pipeline, dan L2 cache 8 MB, menurut Intel, GPU Xe2 di Lunar Lake menawarkan kinerja grafis hingga 1,5 kali lebih tinggi dibandingan GPU Meteor Lake dengan penggunaan daya yang sama.

Ilustrasi prosesor Intel Lunar Lake Intel Ilustrasi prosesor Intel Lunar Lake
Xe2 mendukung output display hingga 8K60 HDR, tiga 4K60 HDR, serta 1080p360 dan 1440p360. Rangkaian konektornya mencakup HDMI 2.1, DisplayPort 2.1, dan eDP 1.5, Ada juga decoding dan encoding 8K60 10-bit HDR dan codec H.266/VVC (hanya decoding).

Unit CPU Lunar Lake menggunakan P-core berbasis arsitektur Lion Cove yang diklaim menawarkan peningkatan kinerja Instructions Per Cycle (IPC) hingga 14 persen dibanding CPU Redwood Cove di Meteor Lake.

Dalam hal performa secara umum, Intel menyebutkan Lion Cove bisa menghasilkan peningkatan di kisaran 10 persen hingga 18 persen dibanding Meteor Lake, tergantung skema penggunaan dayanya.

Untuk E-core, Lunar Lake menerapkan arsitektur CPU Skymont yang menawarkan selisih kinerja lebih besar, dengan tingkat IPC 38 persen lebih tinggi untuk workload integer dan 68 persen di floating point, dibanding LP E-core di Meteor Lake.

Baca juga: Intel Gelar AI Summit di Jakarta, Pamer Kemampuan Kecerdasan Buatan

Kecepatan single-thread Skymont pun diklaim meningkat dua kali lipat, sementara peningkatan kinerja multi-thread disebut mencapai empat kali lipat.

RAM terintegrasi

Di luar peningkatan komponen NPU, CPU, dan GPU, satu perubahan besar lain di Lunar Lake adalah hadirnya memori utama (RAM) yang diintegrasikan ke kemasan prosesor.

Dua chip memori berjenis LPDDR5X-8500 ini bisa dilihat berada persis di samping die prosesor. Masing-masing memiliki interface 64-bit untuk total sebesar 128-bit.

Langkah Intel menanam RAM di kemasan prosesor mirip dengan yang lebih dulu dilakukan oleh Apple dengan chip seri M di laptop MacBook dan komputer Mac.

Dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (5/6/2024), RAM jenis LPDDR memang harus ditempatkan sedekat mungkin ke prosesor. Dengan demikian, latency bisa diminimalisasi, selagi mengurangi pemakaian ruang dan daya.

Baca juga: Unik, Ada Mesin Gacha Berhadiah CPU Intel di Jepang

Kelemahannya, seperti juga chip Apple M, RAM laptop Lunar Lake tidak bisa ditambah di kemudian hari. Nantinya Intel akan menyediakan pilihan kapasitas 16 GB dan 32 GB.

Lunar Lake rencananya bakal ditawarkan dalam beberapa model, tapi Intel masih belum mengungkap spesifikasi detilnya. Laptop berbasis chip anyar ini dijadwalkan akan mulai dikirim ke pasaran pada kuartal-III 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com