Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple WWDC 2024 Segera Digelar, Apa Saja yang Bakal Dirilis?

Kompas.com - Diperbarui 10/06/2024, 06:41 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ajang tahunan temu developer atau WWDC (Worldwide Developers Conference) 2024 akan digelar Apple pada 10 Juni mendatang, pukul 10.00 Waktu Pasifik atau 11 Juni, pukul 00.00 dini hari Waktu Indonesia Barat.

WWDC 2024 merupakan salah satu agenda Apple yang ditunggu-tunggu developer karena mereka bisa mengikuti keynote dari para petinggi Apple dan berjumpa dengan engineer Apple. Selain developer, WWDC 2024 juga dinanti oleh para pengguna secara global.

Baca juga: Apple Store Pertama di Malaysia Dibuka 22 Juni 2024

Pasalnya, sama seperti WWDC di tahun-tahun sebelumnya, WWDC 2024 menjadi ajang untuk mengumumkan berbagai perangkat lunak atau software terbaru buatan Apple. Salah satunya yang telah dinanti-nanti adalah sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 18.

Tak hanya itu, terdapat beberapa software terbaru yang turut diperkirakan bakal dirilis Apple di WWDC 2024. Bahkan, kabar yang santer beredar adalah Apple bakal mengumumkan dukungan AI (Artificial Intelligence) pada perangkat lunaknya.

Lantas, sebenarnya apa saja yang akan dirilis di WWDC 2024? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan daftar apa saja yang akan dirilis di WWDC 2024.

Daftar software Apple yang bakal dirilis di WWDC 2024

1. iOS 18 dan iPadOS 18

WWDC 2024 bakal menjadi ajang untuk memperkenalkan software terbaru Apple. Salah satunya yang kuat dikabarkan bakal dirilis Apple di WWDC 2024 adalah iOS 18. Sebagai penerus iOS 17, iOS 18 dirumorkan membawa pembaruan yang menarik.

Mark Gurman, jurnalis teknologi Bloomberg, mengatakan iOS 18 akan menjadi pembaruan perangkat lunak yang cukup inovatif. iOS 18 diekspektasikan bakal membawa sejumlah fitur baru dan perubahan desain.

iOS 18 diharapkan membawa fitur yang memungkinkan tampilan layar Home lebih bisa dikustomisasi. Di iOS 18, pengguna bakal memiliki lebih banyak pilihan untuk memodifikasi tampilan iPhone, termasuk mengatur ukuran, posisi, dan warna dari ikon aplikasi.

ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)macrumors.com ilustrasi home screen IOS 18 (MacRumors)

Dari segi desain, iOS 18 kemungkinan akan menghadirkan pembaruan paling signifikan pada layar Home. Gambaran seberapa signifikan pembaruan tampilan iOS 18 ini diekspektasikan setara dengan perubahan tampilan yang dibawa pada iOS 16.

iOS 18 dikabarkan bakal menyertakan pembaruan fitur di beberapa aplikasi bawaan, seperti aplikasi Notes, Mail, Foto, dan Kebugaran. Di aplikasi Apple Maps, iOS 18 bakal memperoleh fitur baru seperti dukungan untuk peta topografi.

Kemudian, di aplikasi Message bawaan, iOS 18 diperkirakan akan memperkenalkan RCS (Rich Communication Service), standar perpesanan lintas platform, yang memungkinkan percakapan pesan antara pengguna iPhone dengan Android berjalan lebih baik.

Fitur-fitur baru yang diharapkan akan dibawa iOS 18 bisa dibaca lebih lengkap di tautan ini. Selain iOS 18, WWDC 2024 juga bakal menjadi ajang untuk memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk iPad,yaitu iPadOS 18.

Pembaruan pada iPadOS 18 diekspektasikan bakal sama seperti iOS 18. iPadOS 18 dikabarkan juga akan membawa perubahan desain dan pembaruan fitur.

2. MacOS 15

Selanjutnya, software terbaru yang diharapkan akan dirilis di WWDC 2024 adalah MacOS 15, sistem operasi untuk desktop Apple. Untuk diketahui, sejak 2013, versi-versi MacOS memiliki nama yang diambil dari tempat-tempat penting di California, Amerika Serikat.

Misanya, Mavericks, Yosemite, Mojave, Catalina, Big Sur, Monterey, dan lainnya. Kemungkinan besar MacOS 15 bakal menggunakan juga salah satu dari nama tempat penting di California yang belum dipakai.

Ilustrasi MacOS 15.MacRumors Ilustrasi MacOS 15.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com