Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Banyak yang Tahu, Logo Apple di iPad Pro 2024 Punya Fungsi "Tersembunyi"

Kompas.com - Diperbarui 18/05/2024, 07:26 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com-Apple selalu mencantumkan logo yang ikonik di bagian punggung dari aneka gadget buatannya. Namun, khusus perangkat iPad Pro terbaru yang meluncur awal bulan ini, Apple menambahkan fungsi "rahasia" pada logonya.

Logo berbentuk buah Apple tergigit itu ternyata sekaligus merangkap sebagai elemen  pendingin pasif pada iPad Pro 2024.

Sebab, Logo yang bersangkutan terbuat dari logam tembaga sehingga bisa berfungsi layaknya heatsink untuk menyalurkan dan membuang panas dari chip Apple M4 dan komponen internal lainnya.

Baca juga: iPad Pro 2024 Meluncur, Tablet Apple Paling Tipis dan Pakai Chip M4

Ditambah dengan penggunaan lembaran penghantar panas berbahan graphite di casing iPad Pro, Apple mengeklaim tablet anyarnya tersebut memiliki kemampuan pendinginan hingga 20 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Meskipun begitu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Selasa (14/5/2024) tidak diketahui dengan jelas seberapa jauh kontribusi logo berbahan tembaga terhadap kinerja pendinginan iPad Pro.

Bisa jadi logo merangkap "heatsink" itu berpengaruh signifikan untuk meredam panas, atau malah sebaliknya. Fungsi logo Apple di iPad Pro baru terbilang unik karena biasanya logo hanya berperan sebagai identitas pabrikan saja.

Baca juga: Chip Apple M4 Meluncur, Genjot AI dengan Neural Engine Lebih Kencang

iPad Pro 2024 menjadi perangkat pertama yang datang dengan chip terbaru Apple, M4. Chip generasi keempat buatan Apple ini diklaim mengusung banyak peningkatan dibanding pendahulunya.

Chip M4 turut dilengkapi dengan Neural Engine tercanggih buatan Apple. Kinerjanya disebut 60 kali lebih cepat dibanding Neural Engine pertama Apple di chip A11 Bionic.

Sebelumnya, dalam acara Apple Events “Let Loose” pada tanggal 7 Mei 2024 kemarin, Apple telah resmi mengumumkan peluncuran iPad Pro terbarunya yang

Saat ini, iPad Pro tersedia dalam dua varian warna, yakni silver dan space black. iPad Pro generasi baru mulai dapat dipesan pada 7 Mei dan baru akan dijual pada tanggal 15 Mei mendatang di beberapa negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com