Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro Meluncur Global, Chipset Beda dari Versi China

Kompas.com - 19/06/2024, 07:50 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan untuk pasar China pada Mei lalu, Oppo Reno 12 Series yang terdiri dari Reno 12 dan Reno 12 Pro resmi dirilis di pasar global pada Selasa (18/6/2024).

Oppo Reno 12 Series versi global yang meluncur di Eropa ini memiliki sejumlah perbedaan apabila dibandingkan dengan Oppo Reno 12 Series versi China.

Salah satu perbedaan terletak di aspek chipset, di mana Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro versi global ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 7300 Energy.

Chipset dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core) yang memiliki kecepatan clock maksimal 2,5 GHz ini sebenarnya sama seperti Mediatek Dimensity 7300 "reguler". Namun, chip tersebut diklaim telah dirancang sedemikian rupa supaya bisa menghemat daya ponsel. 

Di pasar China, Oppo Reno 12 hadir dengan chipset Mediatek Dimensity 8250 (3,1 GHz), sedangkan varian "Pro" menggunakan Mediatek Dimensity 9200 Plus (3,35 GHz). Dengan kata lain, chipset Oppo Reno 12 Series versi global lebih rendah dari versi China. 

Baca juga: HP Tahan Banting Baru Oppo F27 Pro Plus Resmi, Harga Rp 5 Jutaan

Bawa fitur komunikasi tanpa seluler

Meski dibekali dengan chipset berbeda, Oppo Reno 12 Series versi global tetap dibekali dengan berbagai fitur mumpuni, salah satunya adalah BeaconLink.

Fitur ini memungkinkan pengguna Oppo Reno 12 Series melakukan panggilan telepon via koneksi Bluetooth (tanpa jaringan seluler) dengan pengguna Oppo Reno 12 Series lainnya dalam jangkauan maksimal 200 meter. 

Jika dibayangkan, fitur ini mirip seperti fungsi perangkat komunikasi handy talkie (HT) atau walkie talkie yang bisa dipakai untuk berkomunikasi suara dalam jarak tertentu.

Selain itu, Oppo Reno 12 Series juga turut dibekali dengan beragam fitur kecerdasan buatan (AI).

Oppo Reno 12 varian Astro Silver.GSMArena Oppo Reno 12 varian Astro Silver.

Beberapa di antaranya adalah AI Clear Face yang diklaim dapat mempercantik wajah secara natural, AI Best Face yang memungkinkan kamera mengambil gambar wajah terbaik, serta AI Eraser untuk menghilangkan obyek tak penting yang ada di dalam gambar. 

Ada pula fitur-fitur AI esensial untuk meningkatkan produktivitas, seperti bantuan menulis AI Write, bantuan untuk berbicara AI Speak, bantuan merangkum teks AI Summary dan audio AI Recording Summary, dan masih banyak lagi. 

Nah, secara spesifikasi, Reno 12 dan Reno 12 Pro memiliki spesifikasi yang nyaris serupa, namun ada sedikit perbedaan. Apa saja?

Spesifikasi Oppo Reno 12

Oppo Reno 12 dibekali layar AMOLED 6,7 inci yang melengkung (curved) di keempat sisinya. Layar ini memiliki resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan hingga 1.200 nit, dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 7i, serta mendukung fitur HDR10 Plus

Di sektor kamera, Oppo Reno 12 dibekali dengan tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depan, terdapat kamera selfie 32 MP (f/2.0) yang dimuat di modul punch hole di bagian tengah atas layar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com