Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme GT 6 Meluncur Nanti Sore, HP Snapdragon 8s Gen 3 Pertama di Indonesia

Kompas.com - 20/06/2024, 11:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal China, Realme akan meluncurkan ponsel terbarunya Realme GT 6 pada Kamis (20/6/2024) pukul 15.00 WIB sore. Smartphone ini akan dirilis secara global, termasuk di Indonesia.

Salah satu spesifikasi yang diunggulkan Realme GT 6 adalah chipset Snapdragon 8s Gen 3. Chipset ini terbilang baru karena rilis pada pertengahan Maret 2024 lalu.

Dukungan System-on-Chip (SoC) itu bakal menjadikan Realme GT 6 sebagai smartphone pertama dengan Snapdragon 8s Gen 3 di Indonesia. Sebab, belum ada ponsel merek lain yang memakai chip tersebut, setidaknya hingga saat ini.

Sub-merek produsen ponsel Xiaomi, Poco sebenarnya sempat memamerkan ponsel Poco F6 dengan chipset Snapdragon 8s Gen 3 di Indonesia, tepatnya pada Rabu kemarin (19/6/2024). Hanya saja, kepastian ponsel tersebut di Tanah Air masih belum jelas.

Untuk diketahui, Snapdragon 8s Gen 3 merupakan "adik" dari Snapdragon 8 Gen 3, sehingga sejumlah spesifikasinya diturunkan tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Realme GT 6 di Indonesia, Meluncur Hari Ini

Snapdragon 8s Gen 3 membawa hampir semua fitur dari Snapdragon 8 Gen 3, termasuk dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif dalam perangkat (on-device).

AI generatif merupakan algoritma deep-learning yang bisa membuat konten seperti teks, gambar, musik, audio, dan video. Disebut on-device karena pemrosesan AI dilakukan dalam perangkat tanpa bergantung pada server atau cloud.

Chipset Snapdragon ini mendukung model bahasa besar (large language model/LLM) populer seperti Llama 2, Baichuan-7B, dan Gemini Nano, dengan dukungan hingga 10 miliar parameter.

Rincian fitur yang dimiliki Snapdragon 8s Gen 3Qualcomm Rincian fitur yang dimiliki Snapdragon 8s Gen 3
Secara teknis, prosesor berfabrikasi 4 nm ini memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,0 GHz, empat inti untuk menunjang performa dengan kecepatan clock 2,8 GHz, dan tiga inti hemat daya berkecepatan 2,0 GHz.

Sebagai perbandingan, Snapdragon 8 Gen 3 memiliki satu inti prime Cortex-X4 berkecepatan 3,4 GHz, tiga inti performa Cortex-720 berkecepatan 3,15 GHz, dua inti performa Cortex-720 berkecepatan 2,96 GHz, dan dua inti hemat daya Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 mendukung RAM LPDDR5x 4200 hingga 24 GB (dibanding RAM LPDDR5x 4800 hingga 24 GB di Snapdragon 8 Gen 3), media penyimpanan (storage) UFS 4.0, dan USB 3.1 Gen 2.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 lainnya mencakup triple Image Signal Processor (ISP) 18-bit untuk pemrosesan foto dan video, fitur akselerasi ray tracing berbasis hardware, Wi-Fi 7, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Layar Realme GT 6 Menyala di Tengah Musim Panas Kota Milan

Bocoran spesifikasi Realme GT 6

Ellen Zhou selaku Marketing Director Realme Indonesia membeberkan sejumlah spesifikasi Realme GT 6 selain chipset. Ponsel ini dipastikan memiliki setidaknya tiga fitur AI untuk memudahkan aktivitas pengguna.

Ketiganya dibagi menjadi AI Night Vision Mode, AI Smart Removal, dan AI Smart Loop. Pihak Realme belum membagikan rincian fitur itu satu per satu. Namun, fitur itu tampaknya bakal memperkaya mekanisme pencitraan ponsel.

Realme GT 6 juga dipastikan hadir dengan kecerahan (brightness) maksimum 6.000 nits. Dukungan ini bakal menjadikan Realme GT 6 sebagai ponsel pertama yang memiliki angka kecerahan setinggi itu di pasaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com