Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur "Live" Khusus "Close Friend", Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 21/06/2024, 11:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram merilis fitur yang memungkinkan pengguna melakukan siaran langsung alias Live broadcast ke audiens yang lebih kecil dan lebih intim, Kamis (20/6/2024).

Hal ini dimungkinkan berkat fitur baru Live khusus untuk daftar teman dekat alias "Close Friend".

Pantauan KompasTekno, Jumat (21/6/2024), fitur Live khusus Close Friend ini sudah bisa dicoba pengguna Instagram di Indonesia. Aplikasi Instagram yang kami gunakan adalah versi 336.0.0.35.90 di Android.

Pengguna bisa menemukan fitur baru ini dengan mengeklik ikon "+" > "Live" > "Close Friend".

Dengan memilih opsi tersebut, Instagram hanya akan memberikan notifikasi kepada teman yang masuk daftar Close Friend pengguna.

Seperti Live Instagram biasanya, siaran langsung pengguna akan muncul dideretan depan pada baris Instagram Stories, lengkap dengan tulisan "Live".

Baca juga: TikTok Diam-diam Luncurkan Whee, Medsos Baru Mirip Instagram

Yang berbeda, siaran langsung tersebut kini memiliki warna hijau, seperti gambar di atas. Dengan ini, siaran langsung tersebut hanya bisa ditonton oleh teman-teman di circle Close Friend.

Tak hanya itu, Instagram juga memungkinkan pengguna untuk "live" bareng memperbolehkan pengguna melakukan siaran langsung dengan maksimal tiga orang pengguna lainnya.

Ini merupakan perubahan yang cukup signifikan. Ini mengingat, sejak dirilis pertama kali pada 2016, fitur Live Instagram ditujukan untuk publik dan terbuka untuk semua orang yang mengikuti pengguna.

Hal tersebut kemungkinan membuat beberapa orang sungkan menggunakan fitur Live Instagram.

Dengan fitur baru Live khusus Close Friend, Instagram memberi pengguna opsi untuk mengontrol siapa yang dapat melihat Live mereka. Ini diharapkan dapat menarik orang-orang yang belum pernah menggunakan fitur tersebut untuk mencobanya.

Kemampuan untuk melakukan siaran langsung hanya kepada sekelompok kecil orang terasa lebih mirip dengan video call, namun satu arah.

Instagram mengatakan fitur baru ini dapat digunakan untuk berbagi apa yang ada di pikiran pengguna, bertemu teman secara spontan, berbagi meme, merencanakan perjalanan, mengerjakan pekerjaan rumah bersama, atau sekadar nongkrong santai secara real-time.

Meskipun sudah ada di Indonesia, beberapa pengguna Instagram kemungkinan belum mendapat fitur ini.

Apabila belum, jangan berkecil hati, sebab biasanya perilisan fitur disebar secara bertahap. Coba lah untuk rutin memperbarui aplikasi untuk mendapat fitur terbaru.

Baca juga: Ramai Jadi Template Instagram Story, Apa Itu Winamp?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com