Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Beli Infinera Rp 37 Triliun demi Perluas Jaringan Optik

Kompas.com - 28/06/2024, 07:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa telekomunikasi Finlandia Nokia Corp mengakuisisi Infinera Corp, sebuah perusahaan yang berbasis San Jose, California membuat semikonduktor optik dan peralatan jaringan untuk jaringan telekomunikasi telepon tetap dan seluler.

Berdasarkan ketentuan perjanjian definitif, nilai transaksi pembelian Infinera oleh Nokia adalah senilai 2,3 miliar dollar AS atau setara Rp 37,6 triliun pada Kamis (27/6/2024).

Dalam keterangan tertulis di laman Nokia, akuisisi Infinera ini bertujuan untuk meningkatkan skala jaringan optik (fiber optik) dan mempercepat peta jalan produk Nokia di masa mendatang.

Nokia dan Infinera melihat peluang yang signifikan dalam merger guna meningkatkan skala dan profitabilitas, sehingga memungkinkan bisnis gabungan tersebut mempercepat pengembangan produk dan solusi baru untuk memberikan manfaat bagi pelanggan.

Baca juga: 7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

"Transaksi ini sangat sejalan dengan strategi Nokia, karena diharapkan dapat memperkuat kepemimpinan Nokia di bidang jaringan optik, khususnya di Amerika Utara, mempercepat strategi diversifikasi pelanggan, dan memperluas kehadiran skala web," tulis Nokia.

Nokia yakin transaksi ini memiliki manfaat finansial dan strategis yang positif. Kombinasi dengan Infinera diproyeksikan akan mempercepat perjalanan Nokia menuju margin operasi dua digit dalam bisnis jaringan fiber optiknya.

Nokia menargetkan mencapai sinergi laba operasional bersih sebesar 200 juta euro (sekitar Rp 3,5 triliun) dan meningkatkan pendapatan per saham Nokia lebih dari 10 persen pada tahun 2027.

Baca juga: Terungkap, Produk Pertama Samsung dan Nokia Justru Bukan Ponsel

Akuisisi ini telah disetujui oleh dewan direksi Nokia dan Infinera, dan ditargetkan rampung pada paruh pertama tahun 2025, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Nokia, Jumat (28/6/2024)

Saham Infinera Corp. menguat lebih dari 22 persen ke level 5,44 dollar AS (hampir Rp 90.000) pada Kamis (27/6/2024), setelah raksasa telekomunikasi Finlandia Nokia Corp. setuju mengakuisisi Infinera.

Sementara harga saham Nokia berada di level 3,5 euro atau sekitar Rp 61.400, naik 11,27 persen dari awal tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com