Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Elden Ring: Shadow of the Erdtree" Rilis di PC dan Konsol, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kompas.com - 21/06/2024, 13:33 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer game asal Jepang From Software Inc. resmi meluncurkan Elden Ring: Shadow of the Erdtree pada Jumat (21/6/2024).

Shadow of the Erdtree dirilis di platform PC (lewat platform distribusi game Steam), konsol PlayStation 5 (PS5), PlayStation 4 (PS4), Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Elden Ring: Shadow of the Erdtree merupakan konten tambahan berskala besar (downloadable content/DLC) untuk game Elden Ring keluaran 2022. Karena merupakan konten tambahan, pengguna mesti memiliki game Elden Ring untuk bisa menikmati Shadow of the Erdtree.

Sebagai informasi, Elden Ring adalah permainan role playing game (RPG) dalam dunia terbuka (open-world). Game ini mengajak pemain untuk mendesain karakternya, kemudian menelusuri dunia dan memperbaiki cincin Elden Ring yang rusak.

Baca juga: Elden Ring Juarai The Game Awards 2022, Ini Daftar Pemenang Lengkapnya

Permainan ini memfokuskan pertempuran jarak dekat, sehingga gamer bakal memakai senjata pedang, kapak, dan lain sebagainya untuk melawan monster berbahaya. Game ini dibuat menantang sehingga pengguna akan "mati" berulang kali saat melawan musuh.

Konten tambahan Shadow of the Erdtree sendiri menghadirkan cerita baru di area Land of Shadow. Gamer nantinya akan mempelajari rahasia gelap dunia saat berkelana melewati Land of Shadow.

Elden Ring: Shadow of the ErdtreeSteam Elden Ring: Shadow of the Erdtree
Area ini dikonfirmasi Miyazaki Hidetaka, selaku direktur Elden Ring, memiliki luas yang sama seperti wilayah Limgrave. Limgrave merupakan area pertama yang bisa diakses pengguna saat bermain Elden Ring.

Elden Ring: Shadow of the Erdtree dipastikan akan memperkenalkan senjata, perlengkapan (equipment), kemampuan (skill), sihir, musuh, dan bos baru.

Senjata baru di DLC ini mencakup dua perisai Dueling Shields, seni bela diri, pisau yang bisa dilempar, dan masih banyak lagi. Dengan seni bela diri, gamer dapat melompat kemudian menendang musuh.

Baca juga: Gamer Ini Tamatkan Elden Ring dalam 2,5 Jam, Seharusnya Bisa sampai 50 Jam

Bicara soal bos, ada sebanyak sepuluh bos yang diperkenalkan di Shadow of the Erdtree. Salah satunya adalah Rellana, yakni kesatria bersenjatakan dua pedang yang mampu menyerang pemain dengan cepat.

Harga Elden Ring: Shadow of the Erdtree

Elden Ring: Shadow of the Erdtree bisa dibeli di PC, PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One. Berikut ini harga Elden Ring: Shadow of the Erdtree di berbagai platform tersebut:

  • Harga Elden Ring: Shadow of the Erdtree di PC - Rp 599.000
  • Harga Elden Ring: Shadow of the Erdtree di PlayStation - Rp 599.000
  • Harga Elden Ring: Shadow of the Erdtree di Xbox - 39,99 dollar AS (Rp 657.619)

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, pengguna harus memiliki game Elden Ring untuk menikmati konten tambahan ini. Game tersebut dijual secara terpisah dari Shadow of the Erdtree. Berikut ini harganya:

  • Harga Elden Ring di PC - Rp 599.000
  • Harga Elden Ring di PlayStation - Rp 749.000
  • Harga Elden Ring di Xbox - 59,99 dollar AS (Rp 986.535)

Melihat harga di atas, dapat disimpulkan bahwa harga konten tambahan Elden Ring sama seperti game utamanya (base game), setidaknya untuk versi PC.

Spesifikasi Elden Ring: Shadow of the Erdtree

Pengguna yang ingin bermain Elden Ring: Shadow of the Erdtree di konsol bisa langsung melakukan hal itu setelah membeli dan mengunduhnya.

Di sisi lain, gamer di platform PC harus memperhatikan spesifikasi komputernya terlebih dahulu untuk memastikan Elden Ring: Shadow of the Erdtree bisa dinikmati dengan performa yang baik, tidak patah-patah.

Berikut ini spesifikasi Elden Ring: Shadow of the Erdtree di PC, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Steam, Jumat (21/6/2024):

Spesifikasi minimum PC

  • OS: Windows 10 (Wajib 64 bit)
  • CPU: Intel Core i5-8400 atau AMD Ryzen 3 3300X (Wajib 64 bit)
  • RAM: 12 GB
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1060 3 GB atau AMD Radeon RX 580 4 GB
  • DirectX: DirectX 12
  • Storage: 60 GB
  • Sound Card: Perangkat audio yang kompatibel dengan Windows

Spesifikasi rekomendasi PC

  • OS: Windows 10 atau Windows 11 (Wajib 64 bit)
  • CPU: Intel Core i7-8700K atau AMD Ryzen 5 3600X (Wajib 64 bit)
  • RAM: 16 GB
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1070 8 GB atau AMD Radeon RX Vega 56 8 GB
  • DirectX: DirectX 12
  • Storage: 60 GB
  • Sound Card: Perangkat audio yang kompatibel dengan Windows
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com