Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google, Apple, Facebook Harus Investasi Bandwidth

Kompas.com - 09/12/2010, 15:08 WIB

PARIS, KOMPAS.com - France Telecom SA, Telecom Italia SpA, dan Vodafone meminta Google, Apple, dan Facebook ikut menanggung investasi jaringan yang diperlukan untuk mengakomodasi pelebaran bandwidth. Makanya, para operator seluler di Eropa itu ingin membuat kesepakatan baru dengan Apple dan Google sebagai content provider untuk membayar biaya penggunaan ini.

Menurut Chief Executive Officer France Telecom Stephane Richard, operator jaringan Google, Apple, dan Facebook perlu menempatkan sebuah sistem pembayaran atas penggunaan bandwidth mereka. "Service provider membanjiri bandwidth tanpa insentif," kata Richard.

Semakin banyaknya konsumen yang mengakses internet lewat telepon seluler menimbulkan kebutuhan biaya pengembangan jaringan yang makin besar di perusahaan operator seluler. Biaya yang besar itu tentu saja berpotensi memangkas keuntungan para operator ini.

Jumlah pengguna koneksi data internet mobile di Eropa diprediksi naik hingga 15 persen per tahun menjadi 270 juta tahun 2014. Peningkatan ini juga akan mengakibatkan pengeluaran operator per tahun pun akan bertambah hingga 28 persen menjadi 3,7 miliar dollar AS. (Kontan/Mona Tobing)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com