Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2014, 10:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Marissa Mayer, CEO Yahoo, sosok paling berpengaruh versi majalah Time.

KOMPAS.com — Setelah Bill Gates dan Mark Zuckerberg, giliran CEO Yahoo, Marissa Mayer, memenuhi tantangan Ice Bucket Challenge dan mengguyur tubuhnya sendiri dengan seember air dingin.

Sebuah video menunjukkan aksi Mayer yang dilakukan di belakang kantor Yahoo di Sunnyvale, California, AS. Bos wanita berparas cantik itu terlihat mengenakan t-shirt berwarna ungu, ditemani sejumlah pegawai Yahoo yang memakai kaus serupa.

Selagi memegangi ember berisi air dingin, Mayer menyuarakan tantangan Ice Bucket Challenge berikutnya kepada pendiri Twitter, Jack Dorsey; pendiri Uber, Travis Kalanick; dan pendiri Tumblr, David Karp.

Dia lalu menuang isi ember tersebut, ke atas kepala hingga membasahi seluruh tubuh. Tayangan selengkapnya bisa disimak di tautan berikut.

Ice Bucket Challenge

Aksi Mayer menuang air dingin ke kepalanya ditujukan untuk memenuhi Ice Bucket Challenge yang sedang mewabah di Negeri Paman Sam.

Fenomena ini bergulir setelah muncul inisiatif menggalang dana untuk riset terhadap amyotrophic lateral sclerosis (ALS), atau degenerasi saraf otak yang mengakibatkan kelumpuhan), dalam rangka riset mencari obat dari penyakit tersebut.

Dalam Ice Bucket Challenge, seorang tokoh mengguyur diri sendiri dengan seember air es lalu menantang tiga orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam. Sebuah video direkam sebagai bukti.

Yahoo
CEO Yahoo Marissa Mayer bersiap menuang seember air ke kepalanya sendiri dalam rangka memenuhi Ice Bucket Challenge

Apabila menolak, maka orang yang ditantang harus menyumbang 100 dollar AS untuk penelitian ALS. Bisa juga orang yang bersangkutan melakukan keduanya sekaligus, menuang air dingin dan memberi sumbangan.

Demikian hal tersebut dilakukan secara berlanjut sehingga berantai dan semakin lama semakin banyak orang yang menanggapi tantangan atau menyumbang uang. Mayer sendiri ditantang oleh jurnalis senior pendiri situs Re/code, Kara Swisher.

Sebelum Mayer, sejumlah eksekutif perusahaan teknologi lainnya telah lebih dulu berpartisipasi dalam tantangan ini, seperti pendiri Microsoft, Bill Gates; pendiri Facebook, Mark Zuckerberg; serta pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com