Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2014, 15:59 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah peluncuran iPhone 6, konsumen kini seolah dihadapkan kembali pada pilihan klasik, memilih smartphone dengan platform iOS atau Android.

Di platform Android sendiri, salah satu smartphone yang beradu dengan iPhone 6 di pasar adalah Samsung Galaxy S5. Keduanya memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing.

Banyak pertimbangan yang harus dibuat sebelum menjatuhkan pilihan, seperti desain, ketahanan baterai, kegunaan, hingga bagaimana kualitas kameranya. KompasTekno merangkumnya untuk Anda sebagai bahan pertimbangan.

Desain

Dimensi kedua smartphone ini hampir mirip, namun keduanya mengusung ukuran layar yang berbeda. iPhone 6 memiliki layar sedikit lebih kecil, 4,7 inci resolusi 1334 x 750 pixel dengan teknologi Retina display, sementara Galaxy S5 mengusung layar 5,1 inci 1920 x 1080 pixel dengan materi Super AMOLED.

Apple membuat bodi iPhone 6 menggunakan bahan logam, sementara Galaxy S5 masih dari bahan plastik. Sebenarnya, Samsung memiliki lini smartphone dengan bodi berbahan logam, yaitu Galaxy Alpha, namun saat ini belum tersedia di pasar.

Namun, Galaxy S5 memiliki fitur tahan air dengan rating IP67. Artinya, perangkat itu bisa bertahan di kedalaman 1 meter di bawah air, selama 30 menit. Sementara walau eksterior iPhone 6 didesain tahan terhadap cipratan, namun tidak bisa bertahan selama itu di dalam air.

Keduanya menawarkan casing dengan warna yang bermacam-macam, namun S5 memiliki jumlah pilihan yang lebih banyak.

Daya dan produktivitas

Apple membekali iPhone 6 dengan prosesor baru A8 64 bit, serta coprosesor M8 yang telah di-upgrade. Apple mengklaim prosesor A8 bisa memberikan performa 50 persen lebih kencang dibandung iphone 5.

Namun menurut Engadget (11/9/2014), prosesor quad-core Snapdragon 801 milik galaxy S5 nampaknya bisa mengungguli prosesor A8 Apple, apalagi jika melihat clock frekuensi 2,5 GHz-nya dibanding prosesor iPhone 6 yang 2 GHz.

Untuk kapasitas penyimpanan internal, Apple menawarkan tiga versi kapasitas, yaitu 16 GB, 64 GB, dan paling besar 128 GB.

Sementara Samsung walau penyimpanan internalnya hanya 32 GB, namun bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 64 GB.

Kamera

dari sisi kamera, Samsung mengalahkan Apple dalam hal angka resolusi. Apple membekali iPhone 6 dengan kamera belakang resolusi 8 megapixel dan kamera depan 1,2 megapixel.

Sementara Samsung memiliki kamera belakang dengan sensor 16 megapixel dan kamera depan 2,1 megapixel.

Namun persaingan kamera tak hanya di angka megapixel saja. Apple mempersenjatai kameranya dengan berbagai fitur canggih, seperti digital stabilizer, exposure control, kemampuan merekam video time-lapse dan slow motion 240 fps.

Samsung galaxy S5 di sisi lain memiliki kemampuan perekaman video 4K UHD 2160p yang tidak dimiliki iPhone.

Harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy S5 hadir lebih awal dibanding iPhone 6. Saat diluncurkan pertama kali pada Maret 2014, smartphone unggulan Samsung ini dibanderol harga kisaran Rp 8 juta. Namun kini sejumlah situs e-commerce di Indonesia sudah banyak yang memberikan potongan. harganya pun sudah turun menjadi kisaran Rp 6,7 juta.

Sedangkan iPhone 6 belum diketahui kapan akan masuk ke Indonesia. Namun versi unlock iPhone 6 menurut situs Apple Store Singapura dibanderol dengan harga yang kurang lebih sama dengan ponsel andalan Apple sebelumnya, yakni mulai dari 988 dollar Singapura atau sekitar Rp 9,3 juta.

Kesimpulan

Memilih platform smartphone antara iOS atau Android adalah masalah preferensi masing-masing. Samsung galaxy S5 memiliki penawaran menarik dengan banderol harga lebih murah saat ini, dengan banyak fitur canggih yang bisa menutup kelemahannya dari sisi desain.

Di sisi lain, iPhone 6 menunjukkan perbaikan dan peningkatan drastis dari versi sebelumnya, iPhone 5, baik dari sisi hardware maupun software, walau dari sisi spesifikasi jelas Galaxy S5 yang unggul, karena komponen internal iPhone 6 belum sekompetitif Galaxy S5.

Namun iPhone 6 dirancang dengan ekosistem Apple, yang membuat pengguna bisa mengakses beragam aplikasi di App Store dan memaksimalkan Mac OS X dengannya, serta iming-iming dapat dikoneksikan dengan Apple Watch.

Pilihannya, lagi-lagi, jatuh ke tangan Anda sendiri.

Sebagai bahan pertimbangan terakhir, berikut adalah tabel spesifikasi kedua perangkat tersebut:

Spesifikasi Apple iPhone 6 Samsung galaxy S5
Layar 4,7 inci Retina HD 5,1 inci Super AMOLED
Resolusi 1334 x 750 pixels 1920 x 1080 pixels
OS iOS 8 Android 44 Samsung UI
Penyimpanan Internal Internal 16/64/128 GB Internal 16/32 GB, eksternal 64 GB
Slot SDCard Tidak ada Ada
Dukungan NFC Ada Ada
Prosesor Apple 64-bit A8 Quad-core Snapdragon 801
RAM 1 GB 2 GB
Konetifitas Wi-Fi, 4G, LTE, HSPA+ Wi-Fi, 4G LTE, HSPA+
Kamera Depan 1,2 MP, Belakang 8 MP Depan 2,1 MP, Belakang 16 MP
Video Full HD 1080p 4K UHD 2160p
Bluetooth Ada, versi 4.0 Ada, versi 4.0
Sensor Sidik Jari Ada Ada
Anti Air Ada Ada, rating IP67
Baterai TBA, waktu bicara 14 jam 2800 mAh, waktu bicara 21 jam
Charger Lightning Micro USB
Marketplace Apple App Store Google Play Store
Dimensi 138,1 x 67 x 6,9 mm 142 x 72,5 x 8,1 mm
Bobot 129 g 145 g
Harga Mulai Rp 9,3 juta Sekitar Rp 6,7 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com