Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Siap Lelang Menara BTS Miliknya

Kompas.com - 29/09/2014, 15:05 WIB
KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk memastikan bakal menyelesaikan penjualan menara telekomunikasi atau base transciever station (BTS) miliknya pada semester dua tahun ini. Operator seluler ini sudah mengantongi beberapa nama perusahaan menara yang sudah melakukan penawaran.

Turina Farouk, Vice President Corporate Communication XL Axiata mengatakan, para penawar (bidder) tersebut telah mengajukan proposal penawaran kepada pihak XL. Hanya saja, Turina masih enggan memberitahu siapa saja para penawar ini. "Belum final tendernya, jadi belum bisa disebutkan siapa saja bidder yang ikut. Mohon maaf ya," kata Turina seperti dikutip Kontan, Minggu (28/9/2014).

Pihaknya juga masih belum bisa memberitahukan berapa banyak jumlah menara yang dilepas dan berapa banyak nilainya. Sebelumnya hanya ditegaskan bahwa menara yang dilepas adalah menara XL, bukan menara Axis yang diakusisi XL. "Jumlah menara belum fixed. Tapi semester dua ini diharapkan bisa selesai (lelang menara XL)," katanya lebih lanjut.

Secara terpisah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), dua perusahaan menara itu mengaku telah mengajukan penawaran kepada XL.

Direktur Utama Tower Bersama Herman Setya Budi bilang, pihaknya masih menunggu pengumuman dari XL. "Kami sudah ajukan proposal penawaran. Sekarang menunggu dan mengikuti saja timeline dari XL," ujarnya.

Sayang, Herman juga enggan membocorkan apa saja proses yang telah dilaluinya sejak dibukanya lelang tersebut pada Juli lalu hingga kini. Dia juga belum mau mengungkap berapa jumlah menara dan nilai penawaran dari pihaknya.

Senada dengan Herman, Sekretaris Perusahaan Solusi Tunas Pratama Juliawati Gunawan pun enggan bercerita tentang lelang ini. "Kami sangat berminat sekali ikut lelang ini," kata Juliawati melalui pesan singkat, Minggu (28/9).

Berdasar catatan Kontan, PT Tower Bersama telah siap dengan berbagai instrumen pendanaan untuk proses akusisi ini. Pertama, PT Tower Bersama punya fasilitas debt program yang belum ditarik senilai 1 miliar dollar AS. Kedua, niatan untuk penawaran umum berkelanjutan (PUB) tahap II senilai Rp 500 miliar-Rp 1 triliun. Ketiga, rencana penerbitan obligasi global sebesar 500 juta dollar AS.

Informasi saja, penjualan menara XL ini dilakukan untuk membayar utang perusahaan ini. Berdasar laporan keuangan XL semester I-2014, kinerja XL merugi Rp 482,52 miliar. Kerugian ini lantaran adanya beban bunga pinjaman pembayaran Axis tumbuh 23,25% jadi Rp 11,13 triliun. Sementara, pendapatannya tumbuh 12,14% menjadi Rp 11,54 triliun. (Merlinda Riska/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com