Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Alibaba Jack Ma Bakal Kunjungi Indonesia?

Kompas.com - 13/04/2015, 07:31 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bos Alibaba Jack Ma dikabarkan bakal mengunjungi Indonesia. Kabar soal rencana kunjungan tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Rudiantara dalam acara pembahasan usulan roadmap e-commerce di rumah dinasnya.

"Kita dalam proses, jadi di Konferensi Asia Afrika (KAA) kita upayakan supaya Jack Ma datang. Tapi saat ini masih diskusi karena kalau KAA saja event-nya itu kan di hanya di Bandung, menurut mereka kurang besar. Kita rencananya tawarkan juga untuk Bussiness Asean Summit," ujarnya, Jumat (10/4/2015) malam.

Jack Ma merupakan sosok yang dikenal sukses mendirikan bisnis e-commerce di Tiongkok. Pada November 2014 lalu, Bloomberg Billionaire Index sempat mencatat namanya sebagai orang terkaya Tiongkok dan nomor 18 terkaya dunia dengan kekayaan bersih senilai 29,7 miliar dollar AS.

Selain itu, dia juga terkenal sebagai pendiri sekaligus executive chairman grup e-commerce Alibaba. Grup ini bergerak dalam layanan penjualan yang menghubungkan consumer-to-consumer, business-to-consumer dan business-to-business.

Salah satu layanannya yang terkenal adalah Alibaba.com. Situs tersebut merupakan portal business-to-business yang menghubungkan usaha-usaha manufaktur di Tiongkok dengan para pembeli di luar negeri.

Selain itu, grup e-commerce ini juga memiliki portal belanja online bernama Taobao yang mirip dengan eBay.com dan Amazon.com. Taobao memiliki konsep sebuah marketplace tempat para pemilik usaha kecil menengah membuka toko online dan menjual barangnya langsung pada konsumen di Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com