Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Tanggal Peluncuran Smartwatch Baru Samsung

Kompas.com - 20/07/2015, 09:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber SamMobile
KOMPAS.com - Januari lalu, Samsung dikabarkan sedang mengerjakan perangkat jam tangan pintar baru (smartwatch) berbentuk bundar yang diberi nama sandi Orbis. Kini bocoran spesifikasi jam tangan pintar itu terungkap berikut dengan prediksi tanggal peluncurannya.

Situs SamMobile pada Jumat (17/7/2015) menyebut bahwa Orbis akan diperkenalkan dengan nama resmi Samsung Gear A, dan bakal meluncur bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note 5 yang rencananya akan digelar pada Agustus mendatang.

Dikutip KompasTekno, menurut SamMobile, Samsung Gear A memiliki prosesor dual-core, Exynos 3472 dengan clock 1,2 GHz dan menggunakan GPU Mali-400 dengan clock 450 MHz.

Selain itu, jam tangan pintar Samsung itu juga didukung oleh RAM 768 MB, penyimpanan internal 4 GB, serta baterai kapasitas 250 mAh.

Dalam hal konektivitas, Samsung Gear A bakal dilengkapi dengan Bluetooth 4.1, WiFi 802.11 b/g/n, serta WiFi Direct. Terdapat juga sensor GPS, akselerometer, gyro, barometer dan sensor pendeteksi detak jantung.

Samsung Gear A akan menjalankan sistem operasi Tizen yang dikembangkan oleh Samsung sendiri dan dirancang sebagai antarmuka jam berbentuk bundar.

Jam tangan pintar itu akan memiliki layar AMOLED resolusi 360x360 piksel, resolusi ini diketahui dari SDK yang sebelumnya telah beredar, namun belum pasti berapa inci ukuran layarnya.

Seperti dirumorkan sebelumnya, Gear A juga bakal memiliki digital crown alias bagian kenop yang digunakan untuk navigasi antarmuka seperti Apple Watch, juga semacam cincin di bagian bingkainya untuk keperluan yang sama. 

Samsung juga dikabarkan menggandeng banyak artis dan seniman untuk merancang tali jam tangan pintarnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com