Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Twitter Bagi-bagi "Angpao"

Kompas.com - 04/02/2016, 08:49 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Twitter ikut merayakan Tahun Baru China yang bakal jatuh pada tanggal 8 Februari mendatang. Perusahaan dengan logo burung ini membagikan "angpao" berupa emoji khusus dengan bentuk ikon amplop berwarna merah.

Dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Rabu (3/2/2016), Twitter menjelaskan emoji berbentuk amplop merah itu dipilih karena melambangkan keberuntungan untuk tahun yang akan datang.

Emoji ini akan muncul secara otomatis setiap kali pengguna menggunakan beberapa tagar tertentu dalam kicauannya. Dalam bahasa Indonesia, pengguna cukup menggunakan tagar #Imlek untuk memunculkan emoji tersebut.

Sementara, dalam bahasa Inggris, pengguna bisa menggunakan tagar #ChineseNewYear, #HappyChineseNewYear, #HappyCNY, #GongXiFaCai, #KungHeiFatChoy, dan #CNYfortune.

Emoji ini bisa digunakan hingga 23 Februari mendatang.

Ramalan keberuntungan

Twitter juga merayakan Tahun Baru Imlek dengan sebuah fitur yang tak diduga sebelumnya, yakni ramalan keberuntungan.

Memang, selain memberikan angpao atau amplop berwarna merah berisi uang, tradisi lain yang biasa dilakukan dalam menyambut Tahun Baru China atau Imlek adalah mencari tahu keberuntungan di tahun yang akan datang.

Nah, pengguna pun bisa memperoleh ramalan itu di Twitter. Caranya cukup dengan mengirim tweet yang diimbuhi mention tahun kelahiran (mis: #1990), diikuti dengan tagar #CNYfortune. Setelahnya, sistem Twitter akan mengirim balasan berisi ramalan keberuntungan pengguna di Tahun Monyet berdasarkan shio tahun kelahiran.

Perayaan serupa turut berlangsung di Periscope, layanan live video streaming milik Twitter . Berkolaborasi dengan Ernest Prakasa (@ernestprakasa), Twitter Indonesia menggelar sesi stand-up comedy spesial #imlek via Periscope pada 8 Februari, pukul 16.00 WIB.

Sesi ini akan dapat dihadiri oleh 10 orang beruntung untuk menyaksikan secara langsung. Untuk menjadi bagian dari ke-10 orang tersebut. Pengguna cukup menjawab beberapa pertanyaan yang akan disampaikan oleh @ernestprakasa melalui akun Twitter miliknya. Pemenangnya akan diumumkan pada 6 Februari 2016.

Ini merupakan sesi stand-up comedy pertama di Indonesia yang disiarkan resmi melalui Periscope, bekerja sama dengan Twitter Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com