Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapchat Caplok Layanan Pembuat Avatar?

Kompas.com - 28/03/2016, 15:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Snapchat adalah aplikasi gratis paling populer di Apple App Store saat ini. Kiprahnya mengalahkan aplikasi Facebook dan Instagram.

Dengan popularitas menjulang, Snapchat makin gencar memperbarui layanannya. Mulai dengan mempermudah pencarian teman, menambah kemitraan dengan organisasi media, hingga menyediakan beragam filter yang menggemaskan.

Yang teranyar, Snapchat dikabarkan mengakuisisi layanan pembuat avatar "Bitstrips" senilai 100 juta dollar AS atau Rp 1,3 triliun. Bitsrips sempat populer pada akhir 2013 untuk kemudian dilengserkan aplikasi serupa bertajuk "Bitmoji".

Padahal, Bitsrips dan Bitmoji bernaung pada perusahaan induk yang sama, sebagaimana dilaporkan Techcrunch dan dihimpun KompasTekno, Senin (28/3/2016).

Diketahui, Bitstrips adalah layanan yang memungkinkan penggunanya membuat avatar sebagai representasi diri di ruang maya.

Pengguna bisa menyetel bentuk wajah, warna dan potongan rambut, bentuk mata, hingga warna kulit. Setelahnya, Avatar tersebut bisa dibagi ke teman atau ke media sosial.
 
Mekanismenya sebenarnya mirip Bitmoji. Bedanya, Bitmoji bisa menjadikan avatar sebagai stiker dan emoji yang tersemat pada keyboard ponsel.

Terkait akuisisi Bitstrips oleh Snapchat, kedua layanan masih enggan berkomentar. Jika benar, Snapchat tampaknya sedang mempersiapkan pengalaman visual baru bagi para pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com