Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Casing, iPhone Bisa Jalankan Android

Kompas.com - 11/06/2016, 03:58 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple iPhone 6S ternyata tak cuma bisa dipakai menjalankan sistem operasi iOS. Bila menggunakan alat tambahan berbentuk casing ini, ponsel mutakhir itu bisa dipakai menjalankan sistem operasi Android.

Casing tersebut dibuat oleh Nick Lee, orang yang beberapa waktu lalu mengoprek Apple Watch sehingga bisa dipakai menjalankan sistem operasi Windows 95. Proyeknya kali ini adalah menyatukan Android dan iPhone.

Tentu saja, casing yang dipakai bukan pelindung bodi ponsel biasa. Lee menyematkan sejumlah peralatan kecil yang berfungsi sebagai rumah bagi sistem operasi Android untuk iPhone 6S.

Langkah awalnya, dia memilih sebuah model 3D dari Thingiverse untuk mencetak casing iPhone 6S Plus. Kemudian dia memasukkan aplikasi Android Open Source Project (AOSP) ke dalam sirkuit buatan Lemaker HiKey.

Sirkuit tersebut disematkan ke dalam casing. Di dalamnya ada dapur pacu yang terdiri dari prosesor ARM Cortex A-53 serta sebuah baterai 650 mAh. Selain itu, Lee juga membuat aplikasi khusus iOS yang berguna sebagai medium komunikasi antara ponsel dengan sirkuit dalam casing.

Dilansir KompasTekno dari Android Authority, Sabtu (11/6/2016), kemudian casing itu dihubungkan ke iPhone 6S memakai kabel USB. Aplikasi khusus buatan Lee pun dinyalakan. Tampilan pun berubah menjadi tampilan Android.

Seperti yang bisa dilihat pada video di bawah ini, sistem operasi Android dengan mulus tanpa kendala sama sekali di iPhone 6S. Namun perlu dicatat, sistem operasi buatan Google itu sebenarnya berjalan menggunakan sumber daya pada casing buatan Lee.

Namun ia mengalirkannya ke iPhone 6S, sehingga tampilan, aplikasi serta berbagai hal yang khas Android bisa muncul di ponsel buatan Apple tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com