Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal Lepas iMessage ke Android?

Kompas.com - 11/06/2016, 09:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pesan singkat iMessage buatan Apple bakal hadir untuk pengguna Android. Setidaknya begitu menurut sumber dalam yang familiar dengan rencana tersebut.

Menurut dia, Apple bakal mengumumkan ketersediaan iMessage untuk Android pada ajang WWDC 2016, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (11/6/2016).

Acara kumpul developer WWDC sendiri bakal digelar mulai 13 hingga 17 Juni mendatang di San Francisco, AS. Di situ, selain iMessage untuk Android, Apple diharapkan akan meluncurkan sistem operasi baru untuk iPhone, Mac, dan Apple Watch.

Jika isu soal iMessage benar, maka layanan itu tak akan lagi eksklusif sebagai wadah komunikasi maya para pengguna iOS. Hal ini sekaligus mengindikasikan lunturnya prinsip Apple yang terkenal tertutup.

Sejak beberapa tahun terakhir, iMessage menjadi satu-satunya layanan pesan singkat yang bersifat eksklusif. Sebelumnya, BlackBerry Messenger alias BBM juga bersifat serupa. Cuma pengguna ponsel BlackBerry yang bisa menjajalnya.

Belakangan, BBM membuka akses untuk pengguna iOS, Android, bahkan Windows Phone. Hal tersebut merupakan strategi bisnis agar BBM tak ditinggalkan.

Pasalnya, bisnis ponsel BlackBerry semakin terhimpit persaingan yang semakin kuat. Jika BBM terus-terusan eksklusif, maka penetrasinya juga akan mengecil karena berbanding lurus dengan penetrasi ponsel BlackBerry.

Apakah alasan iMessage dibuka untuk Android juga sama dengan alasan BlackBerry? Belum ada konfirmasi soal itu.

Benar atau tidaknya rumor iMessage akan hadir di Android juga belum bisa dipastikan. Semuanya akan terjawab dalam hitungan hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com