Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kecelakaan, Pesawat Diuji Tabrakan dengan Drone

Kompas.com - 21/10/2016, 13:13 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Potensi kecelakaan pesawat komersil karena bertabrakan dengan drone makin meningkat. Demi mengantisipasi masalah tersebut, pemerintah Inggris pun melakukan uji coba tabrakan antara pesawat dengan drone.

Uji coba tersebut dilakukan oleh Department for Transport and Civil Aviation Authority (CAA) dan Ministry of Defense, Inggris. Cara pengujian adalah dengan menabrakkan drone dengan pesawat komersil di udara.

“Kami sedang menguji efek tabrakan di udara untuk CAA, sehingga bisa mengetahui efek tabrakan tersebut terhadap pesawat komersil tanpa penumpang,” ujar staff Ministry of Defense, Peter Downer, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (21/10/2016).

“Ada serangkaian uji coba mengenai risiko keamanan drone dan kami perlu melanjutkannya dengan riset pada aspek komersil. Riset selanjutnya adalah soal dampak tabrakan dengan drone di udara terhadap bodi dan jendela pesawat,” imbuhnya.

Total dana yang digelontorkan untuk proyek ini mencapai lebih dari 250.000 poundsterling atau setara Rp 3,9 miliar. Rencananya uji tabrakan akan dilakukan di wilayah udara terbatas Snowdonia, Wales, dengan luas 5.000 mil persegi atau sekitar 12.949 kilometer.

Dalam rentang enam bulan belakangan ini di Inggris, kasus pesawat komersil yang nyaris bertabrakan dengan drone sudah terjadi hingga 23 kali.

Sejumlah faktor pemicunya antara lain tren yang makin ramai, kemudahan membelinya, sekaligus posisi drone yang mesti berbagi ruang udara dengan pesawat komersil.

Drone memang menjadi sebuah fenomena baru. Saat ini, di Inggris, terhitung sudah ada lebih dari 2 juta drone yang berebut ruang untuk terbang. Rata-rata merupakan drone yang dirancang untuk beroperasi beberapa tahun mendatang, seperti drone pengiriman barang dari Amazon dan Dominos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com