Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bantah Berhenti Bikin "Wearable Device"

Kompas.com - 21/11/2016, 17:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Minggu lalu, muncul dugaan bahwa Intel akan mundur dari pasar wearable device dengan menutup tim New Devices Group (NDG). Karyawan yang menempati unit bisnis tersebut pun akan dirumahkan Intel.

Namun kabar Intel akan berhenti merancang gadget pintar, seperti jam tangan, gelang, dan kacamata pintar, segera dibantah Intel dengan mengeluarkan sebuah pernyataan.

“Intel tak undur diri dari bisnis wearable. Bahkan, kami memiliki sejumlah produk dan berencana menggelar acara peluncurkan terkait teknologi wearable kami, seperti arloji Tag Heuer Connected Watch dan Oakley Radar Pace,” sebut Intel, tanpa menyinggung isu pengurangan karyawan.

Sebelumnya, keterangan sumber internal yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (21/11/2016) menyebutkan bahwa raksasa chip tersebut hendak angkat kaki dari segmen wearable.

Baca: 5 Syarat Wearable Device Ideal Versi Intel

Intel dikabarkan tengah bersiap menutup NDG dan New Technologies Group yang memayungi unit bisnis itu, berikut merumahkan sejumlah besar pekerja menjelang akhir tahun nanti.

Intel diketahui masuk ke pasar wearable device dengan mengakuisisi pabrikan fitness watch Basis pada 2014, lalu pembuat heads-up display Recon pada tahun berikutnya.

Namun, setelah sempat memasarkan produk wearable Basis Peak selama beberapa waktu, Intel kemudian menghentikan penjualan dan dukungan untuk perangkat persebut.

Dugaan bahwa Intel berniat hengkang dari bisnis wearable turut diperkuat oleh laporan lembaga riset IDC yang menyatakan bahwa angka pengapalan arloji pintar (smartwatch) menurun sebesar 51,6 persen pada kuartal ketiga tahun ini, dibanding kuartal yang sama di 2015.

Penurunan itu disinyalir menunjukkan minat konsumen yang rendah terhadap wearable device, sekaligus kurangnya invoasi dari para pabrikan yang terlibat di dalam bisnisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com