Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi Express Bakal Layani Perjalanan Uber

Kompas.com - 19/12/2016, 07:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Uber Indonesia bekerja sama dengan Express Group dalam melayani pelanggan yang ingin melakukan perjalanan dengan Uber X. Perjalanan UberX menggunakan armada taksi Express ini masih bersifat uji coba.

Uber sebagai platform teknologi yang menghubungkan pengemudi dan penumpang akan membuka akses bagi sopir taksi Express untuk menjaring penumpang, sebagaimana tertera pada keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (10/12/2016).

Express Group sendiri menyediakan kesempatan bagi mitra pengemudi Uber untuk mencicil kendaraan dari Express Group, tanpa menggunakan atribut taksi atau branding. Cicilan itu didukung oleh pendapatan pengemudi selama bermitra dengan Uber.

Uber dan Express Group percaya bahwa kemitraan keduanya menguntungkan pengemudi dan penumpang. Di sisi pengemudi, ada peluang ekonomi baru yang dimungkinkan dengan pengembangan teknologi.

Di sisi penumpang, fleksibilitas dan kenyamanan mobilisasi sehari-hari semakin meningkat dengan penambahan awak jemputan dari taksi Express via aplikasi Uber.

"Kami harap tingkat utilisasi armada Express Group dapat ditingkatkan dan kami dapat memberikan layanan mobilitas yang aman, nyaman, dan menarik bagi penumpang,” kata Chief Operating Officer Express Group, Benny Setiawan.

Head of Business APAC Uber, Eric Alexander juga memiliki pandangan serupa. Menurut dia, kolaborasi dengan perusahaan taksi kawakan di Indonesia semakin memperluas kiprah ride-sharing sebagai solusi transportasi massal di era teknologi.

"Kolaborasi ini ditujukan untuk menjadikan ride-sharing semakin andal bagi penumpang dan membuka lebih banyak peluang ekonomi bagi mitra-pengemudi,” kata dia.

Uber bukan yang pertama berkolaborasi dengan perusahaan taksi konvensional. Mekanisme pemesanan taksi via aplikasi lebih dulu dimungkinkan Grab melalui fitur GrabTaxi. Namun, fitur itu menjangkau semua taksi dan tak berdasarkan kerja sama resmi antar dua pihak.

Yang benar-benar sama dengan Uber adalah Go-Jek. Pada Mei lalu, Go-Jek mengumumkan kerja sama dengan perusahaan taksi besar Blue Bird. Kolaborasinya soal pemesanan kendaraan dan pembayaran yang lebih mudah.

Baca: Pesen Uber, Pengguna Bisa Dapatnya Taksi Express

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com