Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pabrikan Smartphone Taiwan "Melempem" di 2016?

Kompas.com - 29/12/2016, 20:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Digitimes

KOMPAS.com - 2016 bakal segera berakhir. Bersama dengan itu, datang pula kabar dari Taiwan bahwa ada tiga pabrikan smartphone asal negeri tersebut yang performanya "melempem". Ketiganya diprediksi bakal tak bisa memenuhi target pengapalan produk sepanjang tahun ini.

Ketiga vendor smartphone tersebut adalah Asus, HTC, dan Acer. Sumber industri yang dirangkum DigitTimes memprediksi bahwa pengapalan smartphone Asus akan meleset dari target 25 juta unit menjadi hanya 20 juta unit saja.

Penyebabnya disinyalir adalah penundaan pengiriman produk-produk seri ZenFone 3 yang baru, juga angka penjualan di wilayah China, Amerika Serikat, dan Eropa yang lebih rendah dari ekspektasi.

Asus diprediksi bakal makin sulit bersaing dengan brand lokal di China yang merupakan pasar terbesar mereka. Sementara persaingan harga di pasar besar lainnya, yakni India akan makin sengit pada 2017.

Baca: 6 Smartphone Premium 2016 yang Belum Masuk Indonesia

HTC, yang mengapalkan 18 juta smartphone pada 2015 lalu, diprediksi hanya mencatat pengapalan 10-12 juta unit pada 2016. Posisi HTC sendiri tahun ini dilengserkan oleh Asus sebagai pabrikan smartphone terbesar di Taiwan.

Penurunan pangsa pasar HTC di China disinyalir akan mempersulit pabrikan itu dalam upaya melakukan "comeback" ke pasaran smartphone.

Adapun Acer, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (29/12/2016), diestimasi hanya memenuhi setengah dari target pengapalan smartphone 2016, yakni sebanyak 10 juta unit saja.

Baca: Samsung Masih Rajai Pasar Smartphone Indonesia, Ditempel Oppo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com