Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Enam Jam di Luar Angkasa Menuju Mars, Sampai Mana Mobil Tesla Elon Musk?

Sudah terhitung sehari sejak roket terkuat di dunia itu lepas landas dari Kennedy Space Center pukul 13.30 waktu setempat. Lalu, sudah sejauh mana Starman berkendara di luar angkasa?

Inisator peluncuran Falcon Heavy sekaligus CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk memamerkan foto terakhir mobil keluaran 2008 tersebut sebelum melayang-layang di hamparan antariksa yang luas.

Setelah enam jam mengangkasa, Musk mengatakan jika Starman sedang dalam perjalanan menuju orbit Mars kemudian melanjutkan ke sabuk asteroid.

Dilansir Kompas.com dari Mashable, Kamis (8/2/2018), butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk Roadster mengarungi luar angkasa.

"Butuh waktu sekitar enam bulan untuk menuju Mars. Itu adalah jarak yang sangat jauh. Ini (Tesla) akan menjadi mobil terjauh yang pernah keluar dari orbit planet ini (Bumi)", jelas direktur pendidikan untuk San Diego Air & Space Museum, Francis French ketika memperkirakan kapan Roadster tersebut akan tiba di Mars.

Menurut ilustrasi lintasan dari bumi menuju Mars, Roadster akan melayang melintasi Mars dan menuju orbit objek terluas di sabuk asteroid yakni Ceres. Ceres merupakan planet kerdil yang hanya memiliki diameter sepanjang 912.498 kilometer.

"Mungkin akan ditemukan oleh ras alien di masa depan dan berkata apa sih yang manusia-manusia ini lakukan? Mengapa mereka punya mobil kecil di dalam mobil (roket)? Dan itu akan benar-benar memusingkan mereka," kelakar Musk pada konferensi pers setelah peluncuran Falcon Heavy.

https://tekno.kompas.com/read/2018/02/08/19153007/enam-jam-di-luar-angkasa-menuju-mars-sampai-mana-mobil-tesla-elon-musk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke