Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memakai Android P Bakal seperti iPhone X?

Hal ini terlihat dari sebuah cuplikan layar (screenshot) yang beredar di jagat maya. Dari gambar tersebut tampak Google tengah menguji coba panel navigasi yang diduga adalah Android P.

Pada gambar yang beredar tersebut, tak terlihat lagi tombol (soft button) Home pada bagian tengah di bawah layar, layaknya pada Android seri terdahulu. Tombol tersebut diganti dengan lambang strip kecil (-) yang menyerupai tampilan antarmuka iPhone X.

Dikutip KompasTekno dari 9to5google, Senin (16/4/2018), kabarnya tombol strip pada gambar yang diduga antarmuka Android P tersebut akan hilang ketika tidak digunakan. Tanda strip ini diduga merupakan tombol navigasi yang memungkinkan pengguna melakukan multi-tasking.

Pada iPhone X, terdapat tombol serupa pada bagian bawah layar, dengan ukuran yang lebih panjang. Tombol ini berguna untuk mengatur tampilan serta mengontrol multi-tasking dengan cara menggulirkannya ke arah atas.

Kendati demikian, belum ada konfirmasi jelas dari Google terkait beredarnya cuplikan layar ini. Bahkan sejumlah rumor mengatakan bahwa Android P akan dilengkapi dengan panel navigasi gesture control.

Android P pun sejatinya masih misterius, Google baru akan memerkenalkan penerus Android Oreo ini pada Mei mendatang, bertepatan dengan ajang tahunan kumpul developer, Google I/O 2018, di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, AS.

Belum diketahui apa kepanjangan dari inisial “P”-nya, tetapi hampir pasti merujuk pada camilan manis seperti yang sudah-sudah.

Yang teranyar, netizen menduga kepanjangan “P” tak lain adalah “Popsicle” atau dalam Bahasa Indonesia adalah es lilin. Selain penamaan, fitur-fitur Android selanjutnya juga sudah ramai dibicarakan di ranah maya.

Beberapa di antaranya adalah fitur multi-kamera yang mendukung aplikasi, dukungan “notch” mirip iPhone X, Gmail Smart Replies, tampilan gambar di notifikasi, pemisahan percakapan grup dan personal yang lebih jelas, zooming-text seperti di iPhone, melihat peta indoor melalui aplikasi, kompresi foto, peningkatan password otomatis, hingga garis volume vertikal.

https://tekno.kompas.com/read/2018/04/16/16130027/cara-memakai-android-p-bakal-seperti-iphone-x-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke