Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IoT Bisa Jadi Penyambung Nafas untuk Operator Seluler di Indonesia

Dalam pengimplementasian IoT diperlukan keterlibatan beberapa pihak termasuk pemerintah dan penyedia layanan alias operator telekomunikasi.

Menilik dari sisi bisnis, Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, menganggap bahwa di masa depan bisnis IoT dapat menjadi penyambung nafas para operator seluler.

Menurutnya, saat ini operator seluler akan sangat terbebani jika hanya berfokus dan mengandalkan penjualan data sebagai sumber pendapatan. Apalagi saat ini hampir semua pelanggan beralih pada pembelian paket data dan era SMS/panggilan telepon dianggap sudah hampir habis.

"Operator seluler antusias karena ini adalah rebound yang kedua. Kalau hanya mengandalkan penjualan data cukup berat, persaingan sudah tinggi. Apalagi kebanyakan orang Indonesia penginnya gratis," ungkap Ismail dalam acara diskusi Asia IoT Business Platform di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/2018).

"Sehingga sangat berat untuk mengandalkan data only karena era SMS dan voice sudah habis. Ini ibarat kelahiran kedua supaya (operator) bisa mendapat revenue lagi," lanjutnya.

Senada dengan Ismail, operator seluler pun menangkap adanya potensi bisnis yang besar dari implementasi IoT ini.

Menurut Chief Business Officer Indosat, Herfini Haryono, Indosat sendiri sudah menyatakan telah menyiapkan segala peralatan untuk menunjang implementasi IoT di tanah air.

"Equipment sudah ready, masalahnya tinggal enablement saja. Semua sudah kami persiapkan," ungkap Herfini dalam kesempatan yang sama.

Sayangnya para operator seluler masih belum bisa memberi gambaran soal berapa besar potensi pendapatan yang dapat didulang para operator jika IoT telah diimplementasi secara merata.

Saat ini kondisi operator masih dalam tahap eksplorasi segala hal tentang seluk-beluk IoT sampai monetisasinya.

"Masih dalam tahap eskplorasi, biasanya memang belum ada target revenue. Matriknya berbeda, belum bisa kami sampaikan. Kami masih mengeksplor bagaimana bisnis model, partner yang bagus, dan teknologi yang sesuai dengan keinginan market," ungkap Head of Research & Big Data Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa.

Kendati demikian, para operator optimistis akan peluang bisnis dari IoT ini. Dari segi infrastruktur, pemerintah pun akan segera mengiji coba jaringan untuk IoT khususnya pada frekuensi yang unlicensed agar tidak berbenturan dengan frekuensi lain yang digunakan para operator.

https://tekno.kompas.com/read/2018/08/28/13345847/iot-bisa-jadi-penyambung-nafas-untuk-operator-seluler-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke