Salin Artikel

Intel dan Facebook Berkolaborasi Kembangkan Prosesor AI "Nervana"

KOMPAS.com - Dua raksasa di dunia teknologi, Intel dan Facebook, mengumumkan kolaborasi pengembangan prosesor khusus untuk mengolah kecerdasan buatan alias AI.

Peryataan tersebut disampaikan oleh Intel dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, pekan ini.

Prosesor tersebut nantinya akan dipakai menangani "inference", yakni penerapan AI di media sosial setelah "dilatih" (training, dalam proses deep learning), seperti untuk melakukan tagging teman di foto unggahan secara otomatis.

Bernama lengkap "Nervana Neural Network Processor (NNP-I)", prosesor tersebut dibuat dengan fabrikasi 10nm dan dioptimalkan untuk proses pengenalan gambar.

Kinerjanya dijanjikan jauh lebih tinggi dibandingkan solusi AI berbasis kartu grafis seperti yang ditawarkan oleh Nvidia. 

"Chip inference generasi baru yang sangat disesuaikan untuk tugasnya ini akan menghasilkan lompatan besar dalam akselerasi tugas-tugas terkait inference," sebut Facebook dalam sebuah pernyataan.

Dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (10/1/2018), rencananya prosesor NNP-I hasil kerjasama Facebook dan Intel akan mulai diproduksi tahun ini. 

Intel diketahui mendominasi pasaran chip inference yang diproyeksikan bakal bernilai 11,8 miliar dollar AS pada 2021 mendatang.

Namun, belakangan pabrikan chip lain telah mulai masuk ke pasaran tersebut sehingga mengancam posisi Intel.

Nvidia, mislanya, pada September 2018 lalu meluncurkan platform inference TensorRT. Begitu juga dengan Amazon.

Namun, berbeda dari Intel dan Nvidia, Amazon tidak menjual sendiri chip inference buatannya, tapi menawarkan layanan via cloud ke klien. Layanan cloud ini berjalan di atas server yang menggunakan chip Amazon.   

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/10/10210057/intel-dan-facebook-berkolaborasi-kembangkan-prosesor-ai-nervana

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.