Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Firefox Versi Terbaru Otomatis Blokir Video "Autoplay" yang Berisik

KOMPAS.com - Pemutaran video secara otomatis (autoplay) disertai suara acapkali mengagetkan karena tiba-tiba membuat berisik, atau setidaknya mengganggu pengguna ketika berselancar di internet.

Lantaran inilah, dalam versi terbarunya (versi 66), peramban Firefox menambah fitur untuk memblokir video autoplay yang disertai suara di situs apapun.

Pengaturan blokir video autoplay bisa diatur dengan mengklik ikon "i" di sebelah kiri kotak alamat URL, sebagaimana terlihat di ilustrasi di bawah.

Di situ, pengguna bisa mengatur pengecualian situs di kolom "Permissions" agar fitur autoplay tetap berjalan. Pengecualian tersebut bisa diatur dengan memilih opsi "Allow" untuk mengizinkan situs yang sedang dikunjungi memainkan video secara otomatis dengan suara.

Kemudian pengguna juga bisa memilih "Block" untuk memblokir kemampuan autoplay video yang ada pada di situs tersebut.

Perlu dicatat, pada versi ini, Firefox sendiri tak akan memblokir video yang dimainkan secara otomatis dan secara default memang tidak ada suaranya, seperti video-video yang terpampang di linimasa Facebook ketika pengguna melakukan scrolling.

Pemutaran video secara otomatis setelah pengguna selesai menonton, seperti menonton satu episode di Netflix dan berlanjut ke episode berikutnya, juga akan berfungsi seperti biasa, artinya tidak bakal diblokir oleh Firefox.

Untuk memainkan video yang kemampuan autoplay-nya telah dilumpuhkan oleh Firefox, pengguna cukup mengklik tombol "play" pada pemutar video di situs yang telah diblokir oleh Firefox.

Selain fitur pemblokir autoplay, Firefox 66 juga mendatangkan fitur "scroll anchoring" atau fitur yang mencegah konten halaman hilang saat iklan sedang dimuat.

Fitur ini bisa dimanfaatkan ketika pengguna mengunjungi situs yang penuh dengan iklan atau situs yang menyodorkan iklan terlebih dahulu sebelum pengguna melihat isi website tersebut.

Fitur lainnya mencakup fitur pencarian yang bisa menelusuri informasi di seluruh tab yang dibuka, tanpa membuka tab tersebut dan fitur dukungan otentikasi Windows Hello, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (22/3/2019).

Untuk ketersediaan, Firefox versi 66 sudah bisa diunduh di situs Mozilla di tautan berikut. Untuk melihat fitur secara lengkap, yang ada di versi ini, pengguna juga bisa mengunjungi tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/22/13390027/firefox-versi-terbaru-otomatis-blokir-video-autoplay-yang-berisik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke