Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Bagi-bagi Saham Gratis untuk Karyawan

Perusahaan asal China tersebut berada di posisi ke 468 dengan pendapatan 26,4 miliar dollar AS (Rp 389 triliun) dan laba bersih sebesar 2 miliar dollar AS (Rp 30 triliun) pada tahun fiskal sebelumnya.

Untuk merayakan keberhasilan ini, Xiaomi membagikan saham secara cuma-cuma kepada sebanyak lebih dari 20.000 karyawannya di seluruh dunia.

Melalui keterangan resminya, Xiaomi mengatakan bahwa pembagian saham tersebut dilakukan sebagai simbol terima kasih atas kerja keras karyawannya.

"Masing-masing akan menerima 1.000 saham Xiaomi, di mana 500 saham untuk merayakan pencapaian Xiaomi di Global 500 dan 500 saham lainnya sebagai hadiah bagi keluarga maupun teman-teman karyawan," ungkap pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun.

Melalui keterangan resmi Xiaomi kepada KompasTekno, Selasa (23/7/2019), Lei Jun juga mengatakan bahwa Xiaomi masuk ke dalam daftar Fortune Global 500 sebagai perusahaan yang termuda. Usia Xiaomi sendiri kini baru menginjak 9 tahun.

"Sebagai perusahaan termuda dalam daftar Global 500, kami telah menunjukkan kekuatan dan keuletan kami, dan menjadi salah satu perusahaan terbaik dalam dunia bisnis global. Menjadi muda adalah bagaimana kami memposisikan diri kami," lanjut Lei Jun.

Xiaomi sendiri resmi melantai di bursa saham Hingkong pada pertangahan 2018 lalu. Kala itu, IPO Xiaomi dibuka dengan nilai saham 17 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 34.000 per lembar.

Nilai valuasi Xiaomi sendiri ketika itu mencapai 54,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 777 triliun.

Nilai valuasi ini sebenarnya hanya separuh dari estimasi awal awal 100 miliar dollar AS, namun tetap menjadikan Xiaomi satu dari tiga besar perusahaan teknologi dengan nilai saham terbesar dunia.

CEO Xiaomi, Lei Jun kala itu juga mengatakan, saat awal-awal berdiri, investasi awal Xiaomi hanyalah sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 71 miliar menurut kurs sekarang. 

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/23/18410057/xiaomi-bagi-bagi-saham-gratis-untuk-karyawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke