Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalkulator Google Kini Bisa Tampilkan Hasil Bilangan Pecahan

Umumnya, aplikasi kalkulator menampilkan hasil hitungan berupa bilangan desmimal saja. Google mencoba mengubah hal itu dengan memperbarui aplikasi kalkulatornya yang kini bisa menampilkan hasil pecahan dan bilangan desimal sekaligus.

Pembaruan ini muncul di Google Calculator versi 7.7. Seperti muncul di gambar di bawah ini, hasil hitungan akan muncul dalam bilangan desimal dan pecahan. Misalnya untuk bilangan desimal 0,833333, di bagian bawah akan terpampang bentuk pecahannya yakni 5/6.

Tidak hanya bilangan bulat, simbol lain seperti phi (π) juga lebih mudah digunakan dan bisa muncul di hasil pecahan seperti dalam tangkapan layar.

Pengguna tidak perlu repot mencari simbol-simbol khusus seperti phi, persen, sin, cos, atau tan. Karena opsi-opsi tersebut muncul di sisi atas keyboard angka.

Hasil pecahan juga langsung muncul seketika setelah menekan tombol hasil (=). Pembaruan lain juga terlihat, yakni tombol naviagasi yang transparan, dilansir KompasTekno dari Android Police, Minggu (28/7/2019).

Kemungkinan, tombol transparan ini akan menjadi persiapan Google menyambut Android Q yang akan lebih mengutamakan navigasi berupa gestur. Kalkulator Google juga sudah menyediakan tema dark mode dengan latar belakang gelap.

Kalkulator Google versi terbaru ini sudah tersedia di Google Play Store. Jika belum ada pembaruan, kemungkinan Google masih menggulirkannya bertahap.

https://tekno.kompas.com/read/2019/07/28/15050007/kalkulator-google-kini-bisa-tampilkan-hasil-bilangan-pecahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke