Salin Artikel

Sony Bikin Sensor Kamera Pertama di Dunia dengan AI

Sony mengklaim sensor yang akan dikembangkannya itu bakal menjadi sensor gambar pertama di dunia, yang memiliki Artificial Intellegence built-in.

Rancangan sensor Sony pun nanti tak ubahnya komputer mini, lengkap dengan logic processor dan memori, di samping komponen penangkap gambar.

Resolusi foto yang mampu ditangkap mencapai 12 MP, sementara video hingga 4K 60 FPS. Sensor bisa merekam foto atau video, ataupun tidak keduanya dan hanya menghasilkan metadata tentang apa yang dilihatnya.

Metode demikian, menurut Sony, meningkatkan perlindungan privasi sekaligus memungkinkan analisa dan tracking obyek dengan sangat cepat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (17/5/2020), sensor kamera dimaksud nantinya memang akan ditujukan untuk keperluan ritel dan industri, bukan untuk konsumen secara umum.

Sony mencontohkan skenario menghitung pengunjung di sebuah tempat publik, memetakan panas dan kepadatan, atau mengukur perilaku pengunjung di lokasi-lokasi ritel.

Kendati ditujukan untuk pelanggan komersil, tak menutup kemungkinan sensor serupa juga bisa digunakan di perangkat konsumen. Misalnya, untuk keperluan identifikasi pengguna dan obyek atau tracking obyek yang bergerak cepat saat merekam video.

Sony sendiri merupakan pemimpin pasaran sensor gambar dunia. Produknya dipakai oleh berbagai macam produk, mulai dari smartphone hingga kamera DSLR dan mirrorless.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/17/08050087/sony-bikin-sensor-kamera-pertama-di-dunia-dengan-ai

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.