Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Rilis "Preview" Aplikasi Antivirus untuk Android

Antivirus Defender bukan ditujukan untuk pengguna umum, melainkan kalangan korporat pelanggan Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP), sebuah platform sekuriti berbasis manajemen perangkat mobile untuk perusahaan.

Perusahaan pelanggan Defender ATP akan mendapat sebuah opsi baru di dashboard yang memungkinkan pemasangan aplikasi antivirus Defender di perangkat Android milik karyawan.

Defender sendiri memiliki cara kerja mirip aplikasi antivirus lain pada umumnya. Aplikasi ini bisa mendeteksi keberadaan malware atau program berbahaya lainnya.

"Kalau sebuah aplikasi aman dan bisa diunduh, end user akan mendapat notifikasi yang memberitahukan bahwa aplikasi itu 'bersih'," ujar Kanishka Srivastava, Senior Program Manager Microsoft.


"Jika Microsoft Defender ATP menemukan adanya aplikasi berbahaya terpasang pada perangkat, maka sistem akan mengkategorikan perangkat bersangkutan sebagai 'berisiko tinggi' dan menandainya di Microsoft Defender Security Center," imbuh Srivastava.

Perangkat yang dikategorikan berisiko tinggi lantas bisa dibuat tidak bisa mengakses data perusahaan, misalnya yang tersimpan di server Outlook atau akun OneDrive, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZD Net, Kamis (25/6/2020).

Selain mendeteksi program jahat, Defender juga bisa menangkal upaya phising. Tautan menuju situs berbahaya yang dikirim lewat e-mail, SMS, WhatsApp, atau aplikasi lain akan diblokir secara otomatis.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/25/18060047/microsoft-rilis-preview-aplikasi-antivirus-untuk-android

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke