Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Pamer Kamera "Telescopic" untuk Ponsel

Sesuai namanya, konsep kamera yang belakangan dipamerkan oleh Xiaomi di China ini memiliki rangkaian lensa dalam penampang yang bisa memanjang hingga menonjol ke luar bodi ponsel.

Kamera pun bisa melakukan zoom optis, layaknya kamera saku digital yang juga memiliki lensa dengan mekanisme zoom serupa.

Namun, kamera periskop tidak bisa melakukan zoom optis dan bukaan lensanya (aperture) relatif kecil sehingga tangkapan gambarnya di situasi minim cahaya tak sebagus kamera utama dengan bukaan lebar.

Nah, lensa telescopic dari Xiaomi konon bisa menyelesaikan persoalan tersebut dengan menyediakan bukaan lensa yang lebih lebar, selain zoom optis tadi.

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Minggu (8/11/2020), Xiaomi belum mengungkap berapa persisnya angka aperture dari lensa telescopic tersebut ataupun rentang zoom optisnya.

Sebagai perbandingan, lensa periskop di ponsel masa kini biasanya memiliki aperture di kisaran f/3.0, jauh lebih kecil dibandingkan kamera utama yang umumnya sekitar f/1.8 atau lebih lebar.

Lensa telephoto di ponsel pun bersifat fixed, alias tidak bisa melakukan zoom optis. Zoom yang dilakukan bersifat pembesaran digital sehingga akan selalu menurunkan kualitas gambar.

K Zoom dibekali lensa dengan optical zoom 10x dan berbodi tebal karena harus memuat rangkaian lensa tersebut.

Untuk kamera telescopic Xiaomi, berdasarkan video yang diunggah oleh pabrikan itu ke Weibo, lensanya kemungkinan bakal berukuran lebih ringkas dan tak terlalu jauh menonjol ke luar bodi ponsel.

Masih belum diketahui kapan Xiaomi akan mulai menerapkan kamera telescopic di ponsel buatannya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/08/08180077/xiaomi-pamer-kamera-telescopic-untuk-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke