Salin Artikel

Twitch Hapus Emoji PogChamp, Buntut Kerusuhan di Gedung Capitol AS

Di antara ratusan emoji yang tersedia, Pogchamp adalah salah satu emoji populer yang paling banyak digunakan di Twitch. Emoji Pogchamp diambil dari wajah pemain game Street Fighter profesional bernama Ryan "Gootecks" Gutierrez.

Emoji yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Poggers ini kerap digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan dan rasa kaget.

Namun, emoji Pogchamp kini tidak lagi bisa dipakai, lantaran Twitch telah menghapus eksistensi emoji ini dari platformnya.

Penyebabnya adalah, Gutierrez diketahui telah mengunggah sebuah twit di akun Twitter pribadinya, yang berisi dukungan dan memprovokasi kerusuhan yang terjadi di gedung Capitol, AS.

Secara spesifik, twit Gutierrez mengajak demonstran untuk terus melanjutkan aksi kerusuhan pasca-insiden tertembaknya seorang wanita yang diketahui pendukung Donald Trump, dalam aksi demo di Gedung Capitol Rabu, (7/1/2020) kemarin.

Sebelum twit Gutierrez menjadi viral. Phiak Twitch lebih dahulu mengumumkan bakal menghapus penggunaan emoji PogChamp untuk menjaga nilai moral platform miliknya.

"Kami telah membuat keputusan untuk menghapus emoji PogChamp setelah adanya pernyataan yang mendorong kekerasan lebih lanjut pada insiden yang terjadi di Capitol hari ini," tulis Twitch.

"Kami akan bekerja dengan komunitas untuk merancang emoji baru untuk mengekspresikan momen paling hype di Twitch," lanjut Twitch.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/08/11324287/twitch-hapus-emoji-pogchamp-buntut-kerusuhan-di-gedung-capitol-as

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.