Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Perkenalkan Remote Televisi Tenaga Surya

Perangkat bernama Eco Remote Control ini memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan remote TV bikinan Samsung pada umumnya. Remote tersebut memiliki sejumlah tombol kontrol dan shortcut.

Perbedaan terlihat pada bagian belakang remote tersebut. Alih-alih ditenagai baterai, remote ini dapat diisi ulang menggunakan panel surya. Panel ini dapat ditemukan di bagian belakang remote.

Dengan teknologi tersebut, Samsung mengklaim dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang dihasilkan setiap tahunnya.

Eco Remote Control memiliki bobot seberat 31 gram dan terbuat dari plastik, di mana 28 persen dari materialnya berasal dari plastik polyethylene terephthalate yang didaur ulang.

Meski mengandalkan panel surya, Eco Remote Control dari Samsung dibekali dengan port USB Type-C sebagai alternatif pengisian daya, jika pengguna ingin mengisi baterai dengan lebih cepat.

Remote "ramah lingkungan" ini diklaim dapat bertahan selama dua tahun pemakaian dalam satu kali pengisian daya.

Sementara usia baterainya diklaim bisa digunakan selama hampir tujuh tahun lamanya, mengikuti siklus rata-rata penggunaan televisi.

Dikutip KompasTekno dari halaman Samsung Newsroom, Senin (11/11/2021), remote dengan panel surya ini akan hadir menyertai produk televisi Samsung yang dipasarkan pada 2021.

"Ini akan membantu mencegah pemborosan 99 juta baterai AAA yang diproyeksikan selama tujuh tahun," tulis Samsung.

Selain remote bertenaga surya, dalam rangka menjaga lingkungan, Samsung juga melanjutkan upayanya dengan menghadirkan kotak kemasan (packaging) produk yang ramah lingkungan.

"Samsung menawarkan solusi berkelanjutan yang dapat mendaur ulang hingga 200.000 ton limbah kardus TV per tahun dan mengubahnya menjadi dekorasi rumah," lanjut Samsung.

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/11/15370077/samsung-perkenalkan-remote-televisi-tenaga-surya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke