Salin Artikel

Produk Pertama Xiaomi Ternyata Bukan Ponsel

Sejak didirikan, Xiaomi tak hanya menelurkan berbagai macam model smartphone, namun juga turut merilis berbagai macam produk. Mulai dari laptop, TV, penanak nasi, air purifier, dan sebagainya.

Namun tahukan kalian? Kendati sukses menjadi vendor smartphone top dunia, faktanya ponsel bukanlah produk pertama yang dirilis oleh Xiaomi.

Lantas apa produk pertama Xiaomi?

Usut punya usut, ternyata produk pertama yang dirilis oleh Xiaomi justru sistem antarmuka (UI) khas Xiaomi yang hingga saat ini masih ditemukan di ponsel-ponsel keluaran Xiaomi, yaitu MIUI.

Xiaomi didirikan oleh Lei Jun dan kawan-kawan pada April 2010 silam. Tak berselang lama, tepatnya pada Agustus 2010, Xiaomi untuk pertama kalinya merilis produk pertamanya, MIUI sebagai firmware berbasis Android 2.2 Froyo.

Ketika MIUI dirilis, Xiaomi masih belum memiliki memproduksi ponselnya sendiri. Oleh karenanya, versi awal MIUI justru dirancang untuk perangkat seperti Google Nexus One, Nexus S, HTC Desire, Motorola Droid, Motorola Milestone, dan HTC HD2.

MIUI versi awal disebutkan banyak terinspirasi dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple, iOS.

Ketika dirilis pertama kali, MIUI membawa beberapa menonjol pada masanya, di antaranya adanya dukungan tema untuk ponsel serta kemampuan untuk menghapus aplikasi hanya dengan menyeretnya ke atas layar.

Fitur lain yang dibawa MIUI versi awal ialah dukungan pada folder, lock screen yang dapat dimodifikasi, hingga bisa memblokir SMS dan panggilan telepon yang tidak diinginkan.

Setelah dirilis, MIUI disebutkan mendapatkan sambutan yang baik, terutama dari forum penggemar, karena menjadi alternatif UI khusus, pada waktu itu.

Selain itu, yang mendongkrak kesuksesan MIUI juga dari skema pengembangannya yang berbasis komunitas penggemar.

Kala itu, para penggemar dimungkinkan untuk menyumbang ide tentang tentang apa saja fitur-fitur yang diinginkan hadir di MIUI versi baru.

Nah, berselang satu tahun setelah debut MIUI, Xiaomi barulah memperkenalkan ponsel pertamanya, Mi 1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Jumat (14/5/2021).

MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah fitur baru dan fokus memberikan performa maupun kinerja yang kini diklaim lebih cepat.

Software antarmuka ini juga diklaim memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen. Penggunaan memori background juga diklaim berkurang 35 persen.

Fitur baru yang dibawa MIUI 12.5 meliputi motion effect, transisi ponsel ke laptop, super wallpaper, adanya tambahan pilihan notifikasi suara, touch response, peningkatan privasi, serta sticky notes.

Pada 2016, Xiaomi mengumumkan bahwa MIUI telah digunakan oleh 170 juta pengguna secara global.

Pada 2020, pengguna MIUI diestimasikan meningkat, menjadi 279 juta pengguna di seluruh dunia, sebagaimana dihimpun dari Gadget NDTV.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/13/16360007/produk-pertama-xiaomi-ternyata-bukan-ponsel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.