Salin Artikel

Cara Memindahkan Foto dan Posting Facebook ke Google Photos atau WordPress

Hal ini, menurut Direktur Kebijakan Privasi Facebook Steve Satterfield, membuat para pengguna Facebook memberikan banyak informasi pada perusahaan. 

Sebagai upaya memberikan kontrol atas data pengguna, Satterfield mengungkapkan bahwa Facebook menyediakan fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk memindahkan posting catatan, foto, serta video, ke platform online lain dengan mudah.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur bernama "transfer a copy of your information" (transfer salinan informasi Anda).

FItur ini memungkinkan pengguna memindahkan foto dan video ke cloud storage seperti Dropbox dan Google Photos. Posting dan catatan di Facebook juga bisa ditransfer ke platform seperti WordPress dan Blog.

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu membuka Facebook di situs web lalu pergi ke "settings & privacy" > "settings" > "Your Facebook Information" > "Transfer a Copy of Your Information".

Nantinya, pengguna perlu melakukan login kembali ke akun Facebook sebelum bisa transfer data ke platform lain.

Tiga langkah transfer data Facebook ke platform lain

Secara umum, ada tiga langkah yang harus diikuti pengguna untuk memindahkan foto, video, posting, dan catatan ke layanan lainnya:

Untuk kategori posting dan catatan, pengguna hanya memiliki opsi mentransfer seluruh data saja.

Perlu diketahui bahwa data yang bisa ditransfer adalah yang diunggah oleh pengguna ke linimasa sendirinya saja. Foto, video, posting, atau catatan yang diunggah ke grup atau Page tidak akan ikut dipindahkan.

  • Langkah ketiga, pilih platform yang ingin dijadikan empat untuk memindahkan data-data. Bila pengguna ingin mentransfer foto dan video, ada empat opsi platform yang disediakan oleh Facebook, yaitu Google Photos, Dropbox, Backblaze B2, dan Koofr.
  • Sedangkan bila pengguna memindahkan data postingan dan catatan, ada tiga opsi default yang diberikan, yakni Blogger, Google Docs, dan WordPress.com/JetPack.

    Bila ketiga langkah sudah diisi sesuai dengan keinginan, kilik tombol "selanjutnya". Pengguna akan dialihkan ke halaman login platform yang telah dipilih. Lakukan proses login dan berikan izin kepada Facebook untuk mengakses platform tersebut.

    Bila sudah, pengguna akan kembali ke halaman "transfer a copy of your information" di Facebook. Terakhir, klik "konfirmasi transfer" untuk mulai memindahkan data.

    Proses transfer data membutuhkan waktu beberapa saat, tergantung dari banyaknya data yang dipindahkan. Pengguna bisa melihat status transfer data di bagian "aktivitas".

    https://tekno.kompas.com/read/2021/05/21/08050027/cara-memindahkan-foto-dan-posting-facebook-ke-google-photos-atau-wordpress

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.