Salin Artikel

Facebook Perkenalkan Fitur Pencegah Keributan di Grup

Salah satu fitur yang diperkenalkan bernama "Conflict Alerts". Sesuai namanya, fitur ini bisa memberi admin peringatan bila terdeteksi ada interaksi yang mengarah pada konflik di dalam grup.

Dengan adanya fitur ini, admin grup diharapkan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah terjadinya perselisihan di antara pengguna Facebook di dalam grup tersebut.

Sistem kecerdasan buatan (AI) Facebook akan melihat beberapa tanda-tanda untuk menentukan apakah interaksi di grup mengarah pada konflik atau tidak.

Sistem AI pada fitur Conflict Alerts ini disebut tak selalu tepat dan masih berpotensi keliru mengartikan interaksi anggota grup yang bersifat humor dan lainnya.

Oleh karena itu, ada beberapa tanda-tanda yang dijadikan acuan untuk mengirimkan peringatan konflik kepada admin ini grup.

Termasuk soal banyaknya komentar yang dikirimkan dalam satu waktu, waktu balasan dari komentar, hingga penggunaan kata kasar.

Bila interaksi anggota grup terdeteksi mengarah pada konflik, admin akan melihat notifikasi di tab Moderation Alert di bagian "conflict".

Untuk saat ini, fitur ini masih dalam tahap uji coba. Belum diketahui pasti kapan Facebook akan menggelontorkan fitur Conflict Alerts ini secara resmi.

Admin grup nantinya hanya perlu menyetel sejumlah kriteria yang cocok dengan grup dan komunitasnya. Adapun kriteria moderasi bisa berupa kata kunci tertentu, link tertentu, hingga asal anggota tersebut.

Dengan begitu, Facebook akan memoderasi komentar dan posting grup sesuai kriteria yang ditetapkan oleh admin.

Facebook juga memperkenalkan fitur yang bisa dimanfaatkan admin untuk membatasi seberapa sering anggota grup tertentu bisa berkomentar. Lalu fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan jenis postingan tertentu.

Terakhir, Facebook juga meluncurkan Admin Homepage (beranda). Melalui beranda ini, admin bisa mengakses seluruh informasi grupnya.

Mulai dari yang berkaitan dengan postingan, permintaan bergabung dari anggota baru, aktivitas log dan insight grup, hingga fitur-fitur moderasi yang baru diperkenalkan tadi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (18/6/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/18/10240017/facebook-perkenalkan-fitur-pencegah-keributan-di-grup

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.