Salin Artikel

Cara Log Out Gmail dari Komputer yang Dipakai Orang Banyak

KOMPAS.com - Memiliki akun Gmail menjadi hal yang wajib bagi pengguna layanan Google, atau yang menggunakan ponsel Android. Tak sedikit pengguna, bahkan memiliki lebih dari satu akun Gmail untuk kepentingannya di dalam satu perangkat.

Tujuannya pun berbeda, satu akun biasanya digunakan sebagai keperluan personal, kemudian akun lainnya difungsikan untuk urusan pekerjaan atau bisnis.

Karena dianggap penting, pengguna harus menjaga keamanan akun Gmail khususnya bagi mereka yang memiliki akun lebih dari satu.

Apabila pernah melakukan log in di suatu perangkat yang dipakai banyak orang, dan berencana tidak akan menggunakannya lagi, sebaiknya pengguna keluar (logout) dari akun Gmail tersebut setelah memakainya.

Sebab jika tidak, akun Gmail bisa disalahgunakan untuk keperluan yang tidak sepantasnya. Log out akun Gmail di komputer yang memiliki banyak akun, seperti rental, fotocopy, warnet, dan sebagainya, sangatlah mudah.

Berikut ini cara logout akun Gmail di PC/laptop.

1. Untuk keluar dari akun Gmail yang dibuka melalui desktop (PC/Laptop) caranya cukup mudah, yaitu klik foto profil yang berada di pojok kanan atas.

2. Kemudian scroll ke bawah, lalu klik opsi "Sign Out".

3. Jika ada banyak akun Gmail yang terdaftar, pengguna bisa meng-klik opsi "Manage Profiles" (ikon settings) di menu "Other Profiles".

4. Setelah itu, pilih akun Gmail mana yang akan Anda log out.

5. Untuk keluar dari akun Gmail tersebut, Anda cukup meng-klik ikon tiga garis yang berada di dalam kotak yang tersedia.

6. Selanjutnya, pilih opsi "Delete" untuk menghapus dan keluar dari akun Gmail tersebut.

7. Secara otomatis, akun Gmail tersebut tidak akan terdaftar lagi.

8. Apabila Anda ingin keluar dari semua akun Gmail yang terdaftar, Anda cukup meng-klik "Sign Out Of All Accounts". Maka, seluruh akun Gmail akan keluar secara bersamaan.

9. Setelah keluar, alamat Gmail akan tetap terpampang, namun, Anda harus memasukan password terlebih dahulu untuk kembali log in.

10. Supaya lebih meyakinkan, Anda bisa meng-klik "Remove Accounts", lalu pilih "Yes, Remove" agar alamat Gmail tidak dimunculkan.

Perlu diingat, jika pengguna memiliki beberapa akun Gmail di dalam satu perangkat, akun yang pertama kali dimasukkan akan menjadi akun "default".

Sehingga, pengguna harus "Sign Out" terlebih dahulu dari akun tersebut jika ingin mengubah akun default. Setelah itu, barulah pengguna bisa beralih ke akun Gmail lain yang dikehendaki.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/23/14030057/cara-log-out-gmail-dari-komputer-yang-dipakai-orang-banyak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.