Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah untuk Ganti Keyboard di Ponsel Android

Meski demikian, pengguna Android memiliki keleluasaan untuk mengganti pilihan keyboard di ponsel dengan aplikasi lain yang bisa ditemukan di toko Google Play Store.

Ada beberapa aplikasi keyboard populer yang tersedia, misalnya seperti Gboard, SwiftKey, Go Keyboard, Facemoji, hingga Grammarly. Masing-masing memiliki ciri khas dan desainnya sendiri yang mungkin akan Anda sukai.

Biasanya, penampilan aplikasi keyboard juga bisa diubah-ubah dengan menerapkan warna atau tema yang dikehendaki, sehingga makin personal.

Nah, bagaimana cara mengganti keyboard bawaan di Android dengan aplikasi keyboard lain? Ternyata mudah saja, Anda tinggal ikuti langkah-langkah di bawah. Sebagai contoh, KompasTekno menggunakan aplikasi SwiftKey Keyboard di ponsel Samsung Galaxy M62,

Menurut pantauan KompasTekno, ponsel Realme dan Samsung keluaran baru juga menyediakan opsi cepat untuk beralih dari satu aplikasi keyboard ke aplikasi keyboard lainnya yang sudah diaktifkan sebelumnya, tanpa perlu membuka menu Settings.

Caranya, pertama-tama buka aplikasi yang memungkinkan panel keyboard muncul, misalnya seperti Notes. Lalu klik ikon keyboard di pojok kanan bawah pada panel keyboard. Setelah itu, pengguna tinggal pilih aplikasi keyboard mana yang ingin digunakan.

Perlu diperhatikan, daftar aplikasi keyboard yang muncul di opsi cepat ini hanyalah aplikasi keyboard yang sudah diaktifkan melalui menu Settings.

Jadi bila pengguna memasang aplikasi keyboard baru, pengguna perlu mengulangi langkah-langkah seperti dijabarkan di bagian sebelumnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/19/15450037/cara-mudah-untuk-ganti-keyboard-di-ponsel-android

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.