Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat dari Android ke iPhone

Untuk melengkapi fitur Chat Migration tersebut, WhatsApp disinyalir tengah mempersiapkan fitur yang sama, namun dengan arah sebaliknya, yakni dari ponsel Android ke iOS (iPhone).

Kabar ini terendus dari situs WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Dengan fitur Chat Migration, pengguna Android yang berencana beralih menggunakan ponsel buatan Apple akan bisa memindahkan riwayat chat, termasuk teks, foto, video, dan lainnya ke iPhone baru miliknya.

Di jendela tersebut, ada dua opsi yang diberikan, yaitu "start" untuk memulai transfer chat history dan "cancel" untuk membatalkannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs WABetaInfo, Kamis (9/9/2021).

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut bagaimana prosedur lengkap untuk bisa memindahkan riwayat chat dari ponsel Android ke iPhone.

Untuk Chat Migration dari iPhone ke Android yang telah dirilis, WhatsApp mengklaim proses transfer data percakapan tidak melewati server WhatsApp, melainkan langsung antar-perangkat.

Karena itu, pengguna perlu menyiapkan beberapa hal sebelum memindahkan chat dari iPhone ke ponsel Samsung.

Misalnya, memasang aplikasi Samsung Smart Switch, serta menyiapkan kabel adaptor USB C - Lightning untuk menghubungkan iPhone dengan Android Samsung.

Disindir Telegram

Kehadiran fitur migrasi chat WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android memang tergolong baru. Terkait hal ini, Telegram selaku pesaing WhatsApp, melontarkan sindiran soal fitur WhatsApp untuk transfer chat history dari iPhone (iOS) ke Android itu.

Meski baru hadir, Telegram menganggap fitur baru WhatsApp ini ketinggalan zaman. Sebab, Telegram sudah memiliki fitur serupa sejak beberapa tahun lalu melalui sinkronisasi cloud.

Sindiran Telegram dilontarkan lewat sebuah twit reply ke akun resmi WhatsApp. Isinya animasi GIF dari film Jumanji, dengan tokoh lama yang bertanya "What year is it?" setelah terlalu lama tersesat di hutan sehingga lupa tanggal.

Apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, arti dari kutipan film tersebut adalah "Ini tahun berapa?", mengisyaratkan bahwa fitur anyar WhatsApp tadi terlambat meluncur atau ketinggalan zaman.

Telegram memang sudah lama memiliki fitur transfer dari iOS ke Android dan sebaliknya. Awal tahun ini, Telegram meluncurkan fitur untuk memindahkan riwayat obrolan dari aplikasi chat lain seperti WhatsApp, Line, hingga KakaoTalk.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/09/11320057/whatsapp-siapkan-fitur-transfer-chat-dari-android-ke-iphone

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.