Salin Artikel

Melihat Tampilan Baru iOS 15 yang Desainnya Dirombak

Dibandingkan dengan pendahulunya, iOS 15 hadir dengan memboyong segudang fitur baru. Beberapa di antaranya termasuk kemampuan membagikan tautan (link) panggilan video FaceTime, fitur Live Text yang bisa menyalin teks dari gambar, dan masih banyak lagi.

Melalui pembaruan ini pula, Apple melakukan perombakan besar-besaran pada desain antarmuka (UI) yang diusung pada deretan aplikasi seperti browser Safari, Apple Maps, aplikasi cuaca (Weather).

Untuk mengetahui detil lengkapnya, berikut merupakan deretan aplikasi di iOS 15 yang tampil dengan UI terbaru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (21/9/2021).

Aplikasi browser khas Apple ini mengalami perubahan tampilan yang cukup signifikan. Setelah memasang pembaruan iOS 15, pengguna akan menjumpai bilah tab pencarian URL di sisi bawah layar.

Dengan adanya penyesuaian ini, pengguna dapat mengakses sejumlah tab secara bersamaan hanya dengan mengusap layar ke samping.

Apple turut menghadirkan sebuah tab grup yang berfungsi menyimpan dan mengatur tab sesuai keinginan pengguna, bahkan memasang ekstensi (extention) pihak ketiga.

Untuk sebagian pengguna, tampilan baru ini bisa jadi sangat memusingkan. Namun tidak perlu khawatir, sebab pengguna dapat mengubah tampilan antarmuka Safari ke versi sebelumnya melalui menu Settings.

Apple juga menyematkan sejumlah fitur terbaru pada Apple Maps. Dari segi visual, aplikasi peta bikinan Apple ini dapat menyajikan tampilan rute, bangunan, pohon, dan jembatan dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Perusahaan asal Cupertino, AS, ini juga menambahkan sejumlah fitur yang sebelumnya sudah dimiliki Google, seperti petunjuk arah dalam bentuk Augmented Reality (AR), memperbarui rute transit, dan meningkatkan fitur pemandu perjalanan.

Kehadiran fitur-fitur baru tersebut agaknya ditujukan untuk mempermudah pengguna yang ingin menggunakan Apple Maps. Meski demikian, khusus fitur peta 3D baru bisa dilihat secara terbatas pada beberapa wilayah tertentu, seperti di dua kota yang terdapat di California, AS.

Padahal sebelumnya, Apple telah mengumumkan bahwa fitur ini juga akan mampu menampilkan peta 3D pada kota San Francisco, Los Angeles, New York, dan London.

Kemampuan aplikasi ramalan cuaca milik Apple, Weather, kini mengalami peningkatan setelah diintegrasikan dengan aplikasi cuaca populer Dark Sky.

Maka dari itu, tak heran jika Weather turut membawa sejumlah elemen yang sebelumnya dimiliki oleh Dark Sky, seperti bar dengan pola gradasi untuk menampilkan suhu dan notifikasi curah hujan dengan tampilan antarmuka khas Dark Sky.

Apple turut menambahkan tampilan animasi terbaru, seperti kilatan petir yang akan menyambar saat cuaca sedang hujan berpetir, dan tetesan air yang jatuh dari sisi layar atas ponsel ketika hujan sedang berlangsung.

Apple nampaknya baru membawa kemampuan Dark Sky setelah pihaknya resmi mengakuisisi aplikasi cuaca populer itu pada Maret 2021 lalu.

Terlepas dari tampilan yang diadaptasi dari Dark Sky, Apple rupanya masih mengandalkan Weather Channel sebagai sumber data perkiraan cuacanya.

Apple memperkenalkan Shared with You, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan link dari aplikasi Photos, Music, Safari, Podcasts, dan Apple TV Plus melalui iMessage.

Ketika terdapat pengguna Apple yang mengirimkan tautan dari deretan aplikasi tersebut, maka iMessage akan menampilkan isi konten dari link yang dikirimkan.

Meski terbilang praktis, namun perlu diperhatikan bahwa fitur yang satu ini hanya tersedia secara eksklusif untuk sesama pengguna Apple.

Focus Up merupakan fitur baru yang diperkenalkan oleh Apple dalam iOS 15. Fitur ini diadaptasi dari kemampuan fitur Do Not Disturb yang sudah disempurnakan.

Dengan menggunakan Focus Up, pengguna dapat menyortir notifikasi yang masuk, seperti panggilan telepon, SMS, e-mail, dan lainnya, berdasarkan profil Focus yang sedang digunakan.

Pengguna dapat terlebih dahulu mengatur beragam jenis notifikasi yang dapat ditampilkan atau yang ditolak pada setiap profil Focus.

Sebagai contoh, seorang pengguna sedang mengaktifkan profil Focus dalam mode "Personal". Pada profil ini, pengguna telah mengatur untuk tidak menerima notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan dengan pekerjaan.

Dengan demikian, pengguna tidak akan menerima notifikasi dari aplikasi e-mail, Slack, Google Calendar, atau aplikasi terkait pekerjaan lain ketika profil "Personal" sedang digunakan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/21/19370067/melihat-tampilan-baru-ios-15-yang-desainnya-dirombak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.