Salin Artikel

5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia Kuartal-II 2021

Berdasarkan laporan tersebut, pengiriman smartphone di Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 28 persen, bila dibandingkan dengan kuartal II-2020 (YoY).

Faktor pendongkrak pertumbuhan ini adalah promosi ponsel saat Idul Fitri  dan promo peluncuran beragam ponsel baru.

Dari seluruh pengiriman ponsel di dalam negeri, Xiaomi duduk posisi pertama sebagai vendor ponsel dengan pangsa pasar paling tinggi di Indonesia, mengalahkan Vivo, Oppo, Samsung, dan Realme. Urutannya adalah sebagai berikut, berdasarkan pangsa pasar.

Berdasarkan laporan Counterpoint, ini pertama kalinya Xiaomi berhasil menjadi vendor nomor satu di Indonesia. Performa pengiriman ponsel Xiaomi yang baik pada kuartal II-2021 ini konon didongkrak oleh penjualan ponsel model Redmi 9C, Redmi 9A, dan Poco M3.

Ketiga ponsel tersebut populer di kalangan konsumen Indonesia karena dibekali fitur seperti baterai jumbo dengan banderol harga yang relatif murah, sekitar 1-2 jutaan.

  • Vivo. Mengekor Xiaomi, ada vendor ponsel Vivo yang memiliki pangsa pasar tertinggi nomor dua di Indonesia, yakni sebesar 21 persen. Pangsa pasar Vivo di periode ini tercatat menurun.

    Sebelumnya vendor asal China ini berhasil menguasai 23 persen pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal II-2020, sekaligus menjadikan Vivo sebagai vendor nomor satu di Indonesia kala itu.

    Menurut Counterpoint, ponsel Vivo Y12s, Vivo Y1s, dan Y20s merupakan beberapa model ponsel yang membantu Vivo berada di posisi nomor dua ini.

  • Oppo. Selanjutnya, ada Oppo di posisi ketiga. Pada kuartal II-2021 ini, Oppo berhasil menguasai 20 persen pangsa pasar smartphone Indonesia, turun 1 persen dari periode yang sama di tahun 2020.

    Model ponsel yang mendorong Oppo untuk meraih 20 persen pangsa pasar ini termasuk Oppo A54, Oppo 15, dan Oppo Reno5 5G.

  • Samsung. Pada kuartal II-2021 ini, Samsung mengalami penurunan pangsa pasar hingga 6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

  • Realme. Seperti semua vendor ponsel lain kecuali Xiaomi, market share Realme menurun sebesar 1 persen.
  • Counterpoint juga mencatat kenaikan pengiriman ponsel dengan dukungan konektivitas 5G, yakni dari 4 persen di kuartal I-2021, menjadi 7 persen di kuartal II-2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Counterpoint Research, Kamis (30/9/2021).

    Menurut Counterpoint, kenaikan pengiriman ponsel 5G ini juga didorong oleh operator seluler seperti Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang juga sudah meluncurkan layanan 5G komersial dan secara bertahap memperluas jangkauan layanan 5G milik masing-masing di Indonesia.

    https://tekno.kompas.com/read/2021/09/30/07050057/5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-kuartal-ii-2021

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.