Salin Artikel

Facebook Luncurkan Fitur Belanja di Grup dan Live Shopping

Fitur Shops in Group memungkinkan admin grup Facebook mengelola toko online yang ada di laman Facebook yang mereka ikuti.

Admin grup Facebook bebas menentukan bagaimana ia mengelola keuntungan yang didapat dari fitur belanja di dalam grup.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (13/11/2021), sebuah laman grup Facebook yang bergerak di bidang edukasi mengenai gurita bernama OctoNation, menyebut bahwa keuntungan penjualan diberikan ke halaman grup Facebook.

Hal itu berdasarkan pengalaman mereka yang sudah menguji coba fitur ini lebih dulu.

Akan tetapi, bagi grup yang tidak memiliki tujuan filantropi yang jelas, hal tersebut mungkin akan kesulitan.

Wakil Presiden Manajemen Produk Meta -nama baru Facebook-, Yulie Kwon Kim, mengatakan bahwa kebanyakan, admin grup Facebook merupakan sukarelawan.

Untuk itu, fitur belanja dalam grup bisa menjadi saluran pundi-pundi bagi grup tersebut.

"Uangnya akan diberikan ke admin grup dan mereka bisa menentukan bagaimana mereka menggunakannya," jelas Kim kepada Tech Crunch.

"Ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk mempertahankan dan menjaga grup agar tetap hidup," imbuhnya.

Sebelumnya dalam acara Facebook Communities Summit, Facebook pernah mengungkap rencananya untuk memberikan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk memonetisasi grup. Fitur-fitur itu di antaranya adalah Shops, penggalangan dana, dan berlangganan.

Facebook juga mengklaim banyak pengguna yang meminta fitur rekomendasi produk, akhirnya Facebook mengabulkan fitur tersebut.

Cara kerja fitur tersebut adalah, ketika ada pengguna yang menyebut nama sebuah produk yang terdaftar di fitur belanja Facebook, mereka bisa menge-tag atau menyematkannya di komentar. Nantinya, rekomendasi produk unggulan dari grup akan muncul di lini masa.

Fitur terakhir, yakni fitur Live Shopping yang sebenarnya sudah ada beberapa tahun belakang.
Akan tetapi, berhubung kolaborasi antara brand dan kreator semakin kuat saat ini, Facebook menyempurnakan fitur ini untuk membuat kolaborasi antar-brand dan kreator lebih mulus.

Sekarang, influencer tidak perlu lagi mengarahkan pengikutnya menuju laman lain untuk melihat produk yang mereka tawarkan. Kreator dan brand kini bisa lansung cross-stream (lintas streaming) di kedua halaman Facebook.

Fitur-fitur ini mulai tersedia hari ini di Facebook versi web dan mobile untuk platform iOS maupun Android.

Facebook semakin gencar merilis fitur belanja menjelang musim belanja akhir tahun. Biasanya, di Amerika Serikat atau sebagian besar negara lain, liburan Natal dan Tahun Baru menjadi musim yang tepat untuk berbelanja karena tersedia banyak diskon.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/13/16020027/facebook-luncurkan-fitur-belanja-di-grup-dan-live-shopping

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.